Thursday, 13 December 2018

Jelang Upacara Kemerdekaan RI, Gubernur Jatim Kukuhkan Paskibraka

post-top-smn
Gubernur Jawa Timur Dr.H Soekarwo Mengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka ) Provinsi Jawa Timur Tahun 2017 di Gedung Grahadi Surabaya

Gubernur Jawa Timur Dr.H Soekarwo Mengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka ) Provinsi Jawa Timur Tahun 2017 di Gedung Grahadi Surabaya

Surabaya, SMN – Sebanyak 76 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (15/8) malam. Para anggota Paskibraka tersebut, akan bertugas dalam upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tingkat Jawa Timur di Halaman Gedung Negara Grahadi, Rabu 17 Agustus 2017.

Paskibraka yang dikukuhkan oleh Gubernur Jatim, merupakan siswa terbaik perwakilan dari seluruh kabupaten/kota se-Jawa Timur. Mereka terdiri dari 38 orang putra dan 38 putri yang telah lolos seleksi ketat di tingkat sekolah, kabupaten/kota, hingga provinsi, diantaranya Nanda Putri Maharani siswa SMAN 2 Pacitan sebagai pembawa baki bendera pusaka pada acara pengibaran bendera dan Syahara Almas Savana siswa SMAN 1 Tuban sebagai pembawa baki bendera pusaka pada saat penurunan bendera.

Sebelum dikukuhkan, para anggota Paskibraka mengucapkan janji dan sumpah di hadapan Gubernur. Prosesi sakral tersebut dilakukan dalam upacara disertai penciuman bendera pusaka sebagai simbol kecintaan pada tanah air.

Dalam suasana pengukuhan yang berlangsung khidmad tersebut, Pakde Karwo biasa ia disapa menyematkan tanda paskibra berupa sabuk Kendit kepada perwakilan Paskibraka sekaligus penyerahan duplikat Bendera Merah Putih untuk dikibarkan pada upacara kemerdekaan.

 

Paskibraka Kader Pemimpin Masa Depan Bangsa

 

Dalam amanatnya Gubernur Soekarwo mengatakan, anggota Paskibraka merupakan putra-putri kader pemimpin masa depan yang terpilih. Paskibraka ini merupakan kader pemimpin yang mampu meningkatkan dan memperkuat karakter, kepribadian, mental, fisik, keterampilan dan kepemimpian.

“Kalian telah di gembleng dalam pendidikan dan pelatihan Paskibraka Prov. Jatim. Malam ini kalian dikukuhkan sebagai tanda selesaianya pendidikan dan pelatihan sehingga telah siap melaksanakan tugas sebagai pasukan pengibar bendera pusaka,” terangnya.

Sebagai generasi muda yang lahir dan hidup di era kemerdekaan dan digitalisasi, hendaknya harus memahami, mengetahui, dan menghayati sejarah perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan. Baik dari perjuangan fisik, sosial maupun politik hingga akhirnya Bangsa Indonesia berhasil mengibarkan identitas bangsa dan negara yaitu sang saka merah putih di seluruh pelosok tanah air.

Tugas dan kewajiban kalian, lanjut Pakde Karwo adalah mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa di masa depan. Maka, perkuatlah jiwa nasionalisme dan patriotisme serta tingkatkan peran aktif dalam pembangunan nasional. “Kalian harus terus menerus memperluas wawasan agar bisa memahami dan menyikapi perubahan lingkungan strategis baik domestuk maupun global,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pakde Karwo berpesan agar anggota Paskibraka terus membekali dan menguasai diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangan iptek tersebut bisa dilakukan di lingkup kemahasiswaan dalam mendukung kepentingan nasional, memberdayakan potensi serta mengembangkan kepemimpinan, kewirausahaan maupun kepeloporan.

Tak lupa, Pakde Karwo berharap setelah kembali ke daerah, setiap anggota Paskibraka mampu mengamalkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti diklat dalam kehidupan sosial masing masing. “Untuk itu, tegakkan disiplin baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Karena disiplin merupakan kunci utama dalam menggapai cita cita,” pungkasnya

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wagub Jatim, Ketua DPRD Jatim, Wakapolda Jatim, Kasdam V Brawijaya, Wakajati Jatim, Sekdaprov Jatim, serta OPD Prov. Jatim. (*)

post-top-smn

Baca berita terkait