Monday, 22 October 2018

Jatim Tuan Rumah Peringatan Hari HAM Sedunia Tingkat Nasional

post-top-smn

peringatan-ham Surabaya, SMN – Jawa Timur ditunjuk sebagai penyelenggara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-Dunia. Kementrian Hukum dan HAM RI akan menyelenggarakan pada tanggal 8 Desember 2016 yang dipusatkan di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Kepala Biro Hukum Setdaprov.Jatim, Himawan Estu Bagijo mengatakan, Pemorov.Jatim telah berkoordinasi dengan Kemenkumham RI dan Kanwil Kemenkumham Jatim serta stakeholder yang ada. “Untuk menyiapkan penyelenggaraan peringatan HAM ini telah diadakan rapat bersama,” kata Himawan di kantornya, Senin (28/11).

Acara peringatan Hari HAM se-dunia tingkat nasional ini mengambil topik utama Meningkatkan Penghormatan, Pemenuhan, Pelindungan, Penegakkan dan Pemajuan Hak Asasi Manusia ( P5 HAM). Kegiatan akan dihadiri Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly, 9 Gubernur, 227 Bupati/Walikota se-Indonesia serta undangan lain seperti, 9 Kakanwil Hukum dan HAM, Sekretaris Bersama Kementrian Hukum dan HAM, Kemensos, Kemendagri dan Bappenas.

Rangkaian acara antara lain pemberian penghargaan kepada gubernur sebagai pembina di daerah yang sebagian besar Kabupaten/Kota di wilayahnya peduli HAM, Bupati/Walikota yang daerah binaannya telah memenuhi kriteria sebagai Kabupaten Kota peduli HAM, Kakanwil Kemenkumham selaku instansi vertikal pengkoordinasi wilayah daerah yang sebagian besar Kab/Ko di wilayahnya peduli HAM, serta agenda Launching SIMAS HAM (Sistem Pelayanan Komonikasi Masyarakat Hak Asasi Manusia on-line) oleh Menkumham RI dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama antara Menkumham dan Gubernur Jatim terkait penghormatan, pemenuhan, pelindungan, penegakan dan pengajuan HAM di Jatim.

“Untuk tahun ini, Prov. Jatim benar-benar extraordinary (luar biasa) karena 38 Kabupaten/Kota mendaoat penghargaan Peduli HAM jadi pantaslah Jatim dipilih sebagai penyelenggara peringatan hari HAM se- Dunia tingkat Nasional ” pungkas Himawan (pno/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait