Monday, 24 June 2019

Jalan Nasional di Jatim Kondisi Baik dan Siap Digunakan Jalur Mudik

post-top-smn

mudik

Surabaya, SMN – Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Kementerian PUPR menyatakan secara umum jalan nasional di Jatim kondisinya baik dan layak untuk dilintasi pemudik pada lebaran 2017. Bahkan, pengerjaan perbaikan dan pembangunan jalan di lapangan akan dihentikan sejak H-14 sebelum lebaran.

“Saat ini sudah diperbaiki dan sekarang tinggal pembenahan seperti perbaikan lubang di beberapa ruas jalan nasional, sehingga H-14 kegiatan perbaikan sudah dihentikan,” tegas Kepala BBPJN VIII Surabaya, I Ketut Darmawahana saat kesiapan infrastruktur jalan nasional di Jatim menghadapi mudik lebaran 2017 di BBPJN VIII, Selasa (30/5).

Namun, apabila saat arus mudik terdapat jalan rusak atau berlubang, pihaknya sudah menyiapkan bahan untuk material jalan mulai sak semen yang digunakan untuk Tambalan Cepat Mantap (TCM) di setiap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Satuan Kerja (Satker) di Jatim. Dimana, TCM ini sistem kerjanya apabila terdapat lubang langsung dikerjakan saat itu juga. “Bahan TCM ini sudah disiapkan oleh BBPJN yang akan mulai distribusikan ke PPK dan Satker minggu depan, dimana minimal 50 sak Bahan material Jalan yang dibagikan PPK dan Satker. Dan TCM ini dipakai saat ada lubang saja dan tidak lubang maka tidak dipakai,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, BBPJN VIII juga akan menyiapkan 26 posko diakses jalan nasional yang dibuka selama 24 jam. Dan diposko nanti disiapkan juga tempat istirahat pemudik, serta di dalam posko juga disiapkan alat berat mulai Dump truck, Crane Truck, wheel Loader, Stemper dan Baby Roller. “Alat itu disediakan mobil 24 jam jika terjadi kerusakan pada jalan nasional saat arus mudik nanti,” ujarnya.

Terkait kondisi yang masih terdapat jalan bergelombang akibat perbaikan jalan, ia mengatakan, nanti akan bekerjasama dengan polisi dan dishub akan dipasang rambu – rambu di daerah tersebut. “Jadi kami harap pengguna jalan untuk berhati – hati apabila melewati jalan bergelombang,” ujarnya.

PPK Surabaya – Gresik – Sadang, Herlambang Zulfikar mengatakan, untuk kondisi jalan nasional mulai Manyar Gresik sudah siap dilalui untuk lebaran 2017. “Apabila masih terdapat lubang, kami akan terus melakukan perbaikan, sehingga saat H – 14 tidak lagi perbaikan jalan di wilayah Gresik dan Kalianak,” ujarnya. (jn)

post-top-smn

Baca berita terkait