Sunday, 21 October 2018

ITS – Prince Songkla University Kerjasama Gelar Joint Postgraduate Seminar

post-top-smn

its Surabaya, SMN – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama Prince Songkla University (PSU) Thailand menggelar Joint Postgraduate Seminar. Melalui seminar tersebut, kedua perguruan tinggi saling bertukar wawasan dan membangun jaringan.

Ketua Pelaksana Joint Postgraduate Seminar Heri Kuswanto mengatakan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan saling tukar menukar informasi. Misalnya mengenai tema penelitian yang sedang dikerjakan oleh masing-masing perguruan tinggi. “Setahun lalu kami diundang untuk mengadakan seminar serupa di Thailand, kini ganti kami yang mengundang mereka untuk diadakan di ITS,” ujarnya, Selasa (18/10).

Keuntungan lainnya, lanjut Heri, adalah upaya dalam membangun jejaring atau networking ke arah kerjasama dan kolaborasi dalam penelitian. Bahkan salah satu dosen ITS bersama dosen PSU sedang mengadakan penelitian bersama terkait dengan klasifikasi penyakit kanker. “ITS memiliki kepakaran di bidang statsitikanya, sedang PSU memiliki ahli di bidang kedokteran terkait dengan epidemiologi,” jelasnya.

Diungkapkan Heri, keterlibatan para mahasiswa pascasarjana baik dari ITS maupun PSU dalam seminar ini diharapkan akan berpengaruh pada atmosfer akademik pada dua perguruan tinggi. “Ke depan pola semacam ini juga diharapkan akan memiliki kontribusi nyata dalam menuju perguruan tinggi berkelas internasional atau world class university,” tuturnya.

Ia menambahkan pihaknya juga mengundang tim peninjau atau reviewer untuk memberikan catatan-catatan dan masukan kepada para mahasiswa dari dua perguruan tinggi yang melaksanakan joint seminar. “Ada tiga perguruan tinggi yang kami libatkan, yakni ITB, IPB, dan UB,” jelasnya.

Ke depan, Heri juga berharap joint seminar akan ditindaklanjuti oleh institut dalam menjalin kerjasama akademik yang lebih luas, seperti tukar menukar dosen atau tenaga pengajar dan penyelenggaraan pendidikan gelar ganda (double degree).

”Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari penyelenggaraan seminar internasional statistika yang akan diadakan pada 19 Oktober mendatang. Kami memanfaatkan agenda seminar itu dengan mengawalinya melalui kegiatan joint seminar,” terang dosen Jurusan Statistika ITS tersebut.

Sejumlah pembicara dari kedua universitas yang memberi paparan terkait penelitian diantaranya  Yuliani Setia Dewi dari Jurusan Statistika ITS, Hidayatul Khusna dari Jurusan Statistika ITS, Noodchanath Kongchouy dari PSU, Don McNeil dari PSU, dan beberapa pembicara lainnya. (luk/kom_jtm)

post-top-smn

Baca berita terkait