Monday, 22 October 2018

Inovasi, Gagasan Dan Ide, Sangat Penting Dalam Mendukung  Peningkatan Kinerja Pemda  

post-top-smn

Lumajang, SMN – Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXll, dilingkup Pemkab Lumajang, diawali dengan pembacaan amanat tertulis Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo, SH., yang menghimbau, agar daerah lebih inovatif dalam menjalankan otonomi daerah. Upacara tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Lumajang, pada Rabu (25/4).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Lumajang, Drs. Slamet Supriyono, M.Si. Beliau membacakan amanat Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo. Dengan tema “mewujudkan nawacita melalui penyelenggaraan otonomi yang bersih dan demokratis.”

Asisten berharap agar seluruh daerah menjalankan otonomi daerah berlandaskan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam sambutan yang ditulis Tjahyo Kumolo,  dan dibacakan oleh Asisten Administrasi, menyampaikan bahwa inovasi, gagasan dan ide sangat penting dalam mendukung peningkatan kinerja pemerintah daerah, katena hal itu dapat mempercepat dan meningkatkan pembangunan daerah.

Terkait inovasi, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2017 tentang Inovasi daerah. Peraturan Pemerintah tersebut mengatur batasan tegas inovasi yang berpotensi menyebabkan terjadinya penyalahgunaan wewenang, yaitu dengan pengaturan secara rinci dan jelas mengenai prinsip, kriteria dan mekanisme inovasi daerah sebagai suatu kebijakan daerah.

“Saya ingin menegaskan kepada semua kepala daerah dan perangkat daerah, jangan takut untuk berinovasi, sudah ada perlindungan jaminan hukum, bahwa inovasi tak bisa dipidanakan”, tandasnya.

Dalam upacara tersebut, juga diserahkan santunan kematian bagi PTT dari BPJS Ketenagakerjaan serta piala dan uang pembinaan bagi pemenang dan peserta lomba MTQ Korpri se Jawa Timur.

Yang berhasil meraih juara 1 dalam lomba MTQ adalah cabang Kaligrafi atas nama Drs. Syamsul. Sementara cabang Tartil Qur’an, Tilawah, dan Da’i, belum berhasil meraih predikat juara. (Atk)

post-top-smn

Baca berita terkait