Tuesday, 25 June 2019

Indonesia Geser Filipina Dalam Pemecahan Rekor Menanam Pohon

post-top-smn
Pohon Jati yang ditanam oleh Presiden Jokowi pada acara peringatan

Pohon Jati yang ditanam oleh Presiden Jokowi pada acara peringatan hari Menanam Pohon Indonesia di Tuban

Tuban, SMN – Proses penanaman pohon terbanyak serentak yang dipimpin Presiden Indonesia, Joko Widodo, memecahkan rekor dunia. Rekor yang tercatat di Tuban, Jawa Timur, Indonesia oleh Guiness Book of Records tersebut menggeser posisi Filipina yang telah memecahkan rekor sebelumnya.

“Pemecahan penanaman pohon ini pecahkan rekor dunia terbaru dengan menanam selama satu jam di satu lokasi,” kata Official Guiness Book of Records, Swap Neil, di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Senin (28/11).

Ia menjelaskan, rekor terakhir masih dipegang Filipina dengan penanaman pohon sebanyak 223 ribu pohon. Di Indonesia kali ini, kata dia, dipecahkan rekor baru sebanyak 238 ribu pohon atau lebih banyak 15 ribu pohon.

Dari 238 ribu pohon yang ditanam di Tuban tersebut, 38 ribu adalah bibit pohon jati dan 200 ribu bibit Kaliandra. Penanaman dipimpin Presiden Jokowi langsung dan dikuti ribuan warga dan pelajar di wilayah Tuban.

“Dengan mengucap Bismillahhirahmanirrahim mari kita menanam dalam waktu satu jam ini,” ujar Jokowi memuai prosesi penanaman pada pukul 11.00 WIB yang ditandai awal dengan bunyi sirine.

Dalam proses penanaman, Presiden didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Selain itu, Gubernur Jatim Soekarwo bersama istri Nina Soekarwo juga turut andil dalam proses penanaman. Penanaman 238 ribu pohon diselesaikan satu jam hingga pukul 12.00 WIB.

Selama proses penanaman juga diisi kegiatan seperti penyerahan pengahargaan hingga diskusi Presiden dengan petani di Tuban. (afr/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait