Thursday, 23 May 2019

Implementasikan Smart City, Pemkab Lumajang Gandeng PT. Telkom

post-top-smn

Wabup Indah Amperawati menunjukkan MoU tentang Implementasi Smart City, hasil kerjasama Pemkab – PT. Telkom, Jumat (14/12)

Lumajang, suaramedianasional.co.id – Penandatangan kesepakatan antara Pemkab  dengan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, tentang Implementasi Smart City, ditandatangani Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati pada Jumat (14/12) di kantor Bupati Lumajang. Menurut Indah Amperawati MoU itu bukan sekadar kesepakatan di atas kertas namun akan menjadi landasan dalam menciptakan Lumajang yang maju, canggih dan smart berteknologi.  “Ini  juga harus menjadi pelecut bagi masyarakatnya, orangnya juga harus smart,” ungkapnya.

Wabup juga menjelaskan, bahwa banyak problem yang harus diselesaikan dengan pemanfaatan teknologi informasi,  salah satunya  presensi kehadiran ASN, dengan menggunakan aplikasi “Siperlu”, yaitu presensi melalui aplikasi menggunakan android. Meskipun demikian, masih banyak yang perlu diperbaiki dalam aplikasi Siperlu tersebut.

Wabup menginginkan adanya alternatif lain, dengan sistem deteksi wajah atau sidik jari pada sistem presensi untuk hasil yang lebih maksimal.  “Saya ingin presensi menggunakan sidik jari atau scan wajah,” katanya.

Menurutnya,  waktu adalah salah satu ukuran kedisiplinan. Sehingga wajar ada tuntutan agar PNS atau ASN datang dan pulang kerja tepat waktu. “Mau tidak mau nanti kedisiplinan waktu kerja akan mempengaruhi kinerja,” katanya.

Penggunaan teknologi informatika juga akan dimanfaatkan untuk pengelolaaan E-Office, pajak pasir dan sistem keamanan. “Saya berharap pada smart city ini pajak pasir bisa kita kelola dengan baik. Kita tidak menoleransi adanya kebocoran pada pajak pasir,” pungkasnya.

Sementara itu, General Manager wilayah Telkom Pasuruan, Setyawan Nugroho., mengatakan bahwa Kabupaten Lumajang akan menyusul daerah-daerah lain yang sudah bekerjasama dengan Telkom dalam implementasi smart city. Ia berharap kesepakatan yang sudah dibuat bisa ditingkatkan, untuk mencapai semua visi misi Kabupaten Lumajang.

“Kami sangat berharap, agar kesepakatan ini akan kita tingkatkan lagi. Kita dorong agar menjadi lebih implemented,” ujarnya.

Pihaknya berkomitmen akan membantu semua kebutuhan Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam mewujudkan Smart City yang berbasis teknologi informatika. (tik)

post-top-smn

Baca berita terkait