Sunday, 21 July 2019

HUT Kostrad Ke 56 Brigif 9/2, Kostrad Bersama Kodim 0824 Dan Masyarakat Laksanakan Bersih-bersih Pasar Tanjung

post-top-smn

IMG-20170314-WA0013 Jember, SMN – Kemarin pagi, karya Bakti TNI dalam rangka HUT Kostrad Ke 56 oleh Brigif 9/2, Kostrad bekerjasama dengan Kodim 0824 Jember, melaksanakan kegiatan bersih-bersih Pasar Tanjung, yang mana pada hari-hari sebelumnya juga telah melaksanakan bersih-bersih Pasar Gebang dan Pasar Kreongan Patrang.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Jember dr Faida MMR, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto, Dandenma Brigif 9/2 Kostrad, Wadanyon Armed 8/105 Tarik dan para tokoh masyarakat, pasukan yang terlibat diantaranya 1 SSk Brigif 9/2 Kostrad, 1 SSk Yonif Raider 509/9/2 Kostrad, 1 SSk Kodim 0824, 1 SSK Yon Armed 8/105 Tarik, 1 SST Secaba Rindam V/brw, FKPPI, Persit KCK Cab XXXVIII Dim 0824, dan organisasi masyarakat yang keseluruhannya sekitar 500 orang.

Dalam sambutannya yang pertama Komandan Detasemen Markas Brigif 9/kostrad menyampaikan permohonan maafnya karena Danbrigif 9 sedang melaksanakan Tugas Operasi Tinombala dan Kasbrig menghadiri Apel Dansat di Jakarta sehingga diwakilkan oleh Dandenma Brigif 9/2 Kostrad Kapten Inf Ramdani.

Selanjutnya menyampaikan terima kasih karena kegiatan karya bakti ini mendapat dukungan langsung oleh Bupati Jember maupun Dandim 0824 sehingga dapat terlaksana dengan kekuatan besar seperti ini, dan diharapkan sinergitan ini akan selalu terbangun dengan baik utamanya dengan Pemerintah Kabupaten Jember.

Selanjutnya Bupati Jember dr Faida MMR  menegaskan bahwa dirinya sangat bangga sekali atas kepedulian dari TNI untuk membersihkan Pasar Tanjung bersama masyarakat, kegiatan ini sangat tepat sekali karena Pasar Tanjung  merupakan salah satu icon Kota Jember yang harus selalu dijaga kebersihannya.

“Terlebih lagi Pemkab Jember akan merevitalisasi Pasar Tanjung ini sebagai pasar tradisional yang bersih, menarik dan modern, sehingga mampu menjadi salah satu destinasi wisata kebanggan masyarakat Jember,” jelas Bupati Faida.

Menurut Bupati Faida, Pasar Tanjung merupakan pusatnya perekonomian Jember dan terlalu lama tidak mendapatkan sentuhan sehingga tahun 2017 ini rencananya akan direvitalisasi sehingga kondisinya yang kumuh dan lorongnya sempit akan disempurnakan sehingga menjadi aman dan nyaman untuk berbelanja bagi masyarakat sehingga tidak hanya menjadikan salah satu tujuan belanja tetapi juga menjadi obyek wisata.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto saat ditanyakan apakan hanya kegiatan pembersihan Pasar Tanjung Jember ini saja yang dilakukan Letkol Inf Rudianto menegaskan bahwa banyak kegiatan yang sudah dilakukan sesuai UURI No 34  tahun 2004 tugas TNI dalam membantu Pemerintah Daerah serta dalam HUT Kostrad Ke 56 ini beberapa kegiatan yang telah dilakukan ada pembersihan Pasar Gebang, saluran irigasi, jalan dan fasilitas umum lainnya.

“Intinya dalam kegiatan di Pasar Tanjung ini mendorong pembangunan di Kab Jember untuk menciptakan tradisional rasa pasar modern, sehingga Pasar Tanjung ini tidak kalah dengan pasar modern  sehingga perlu adanya revitalisasi, bagaimana dukungan masyarakat dan pedagang tadi yang sangat antusias dan mendukung rencana revitalisasi tersebut,” kata Letkol Inf Rudianto.

Saat ditanyakan mengapa memilih sasaran Pasar Tanjung ini Letkol Inf Rudianto menegaskan karena Pasar Tanjung ini merupakan pusat perekonomian di Kota Jember.

Pasar Tanjung yang memiliki bangunan 3 lantai ini kontan menjadi bersih dengan diturunkannya ratusan orang yang berpartisipasi pada karya bakti tersebut, Bu Maryam (47) salah satu pedagang sayur dipasar tersebut saat ditanyakan tanggapannya sangat terkejut karena banyak TNI yang berada dipasar dan setelah mereka ternyata melaksanakan bersih-bersih dirinya sangat senang sekali, karena namanya pasar walaupun sudah ada petugas kebersihan pastinya tidak akan bisa selalu bersih. (atk)

post-top-smn

Baca berita terkait