Sunday, 21 October 2018

HUT Korpri Ke 45, Meningkatkan Kinerja dan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara

post-top-smn
Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno bertindak sebagai Inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Korps Pegawai Negeri (Korpri) ke-45

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno bertindak sebagai Inspektur upacara dalam rangka memperingati
Hari Korps Pegawai Negeri (Korpri) ke-45

 

Kediri, SMN – Upacara memperingati Hari Korps Pegawai Negeri (Korpri) yang ke 45, tanggal 29 Nopember 2016 telah dilaksanakan oleh seluruh PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri.

Pelaksanaan upacara berlangsung di lapangan belakang Pemda dengan Inspektur Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

Hadir pada upacara tesebut Wakil Bupati Kediri dan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri, Sekda Kabupaten Kediri dan juga seluruh Kepala Satker pada lingkup Pemerintah Kabupaten Kediri.

Hari Jadi Korpri kali ini mengusung tema Bersama Korpri Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara.

Dalam upacara tersebut juga diserahkan piagam sekaligus pelepasan purna tugas pegawai negeri oleh Bupati Kediri. Sebagai perwakilan dari pegawai purna tersebut adalah Soebianto, S.Sos yang terakhir bertugas pada Kantor Lingkungan Hidup, Pudjiadi, S.Sos. pada BPBD dan Samsul Akhyar, SP pada BKP3.

Daftar penerimaan penghargaan / kejuaraan yang disampaikan HUT Korpri 2016, adalah Lomba Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Kabupaten Kediri yang diberikan kepada dr. Rahma Sari Dewi dari UPTD Puskesmas Gurah, dr. Ahmad Khotib UPTD Puskesmas Puncu dan Yetty Sherots, A.Md. Keb. dari UPTD Puskemas Gurah serta Lomba PSN DBD Sekolah Tingkat Propinsi Jawa Timur 2016 adalah MIN Doko.

Kategori pemilihan Duta Kesahatan Remaja Tingkat Kabupaten Kediri 2016 adalah Nyofa Bragastio dari SMAN 1 Mojo, Milinnia Hilda Mareta dari SMAN 2 Pare.

Dalam kesempatan tersebut Hilda dan Nyofa mengatakan saya sangat bangga bisa menjadi Duta Kesehatan Remaja Kabupaten Kediri yang mewakili Kabupaten Kediri ke Tingkat Propinsi.

Menjadi Duta Kesehatan saya akan mengajak para remaja untuk tetap menjaga kesehata. Hidari apa yang namanya narkoba, minuman keras dan sex bebas. Imbuh Hilda.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kediri menyampaikan pidato Presiden RI Joko Widodo. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi tinggi dan tema yang tepat dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak Tahun 2017.

Jadikanlah momentum Pilkada Serentak 2017 sebagai ajang ujian atas netralitas dan profesionalisme saudara-saudara. Ujar dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

Ujian untuk menerapkan Panca Prasetya KORPRI. Ingatlah bahwa pengabdian anggota KORPRI bukanlah kepada kepentingan kelompok maupun individu. Melainkan pengabdian anggota KORPRI hanyalah kepada negara, bangsa, dan rakyat. Tambah dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

Agar Indonesia bisa menjadi bangsa pemenang dalam era kompetisi global maka rakyat membutuhkan anggota KORPRI yang disiplin, bertanggung jawab. dan berorientasi kerja. Segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti ego sektoral, mental priyayi, mental penguasa, dan mental koruptif, yang hanya terpaku pada formalitas belaka.

Fokuskan energi pada intisari dari pelayanan publik yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat. Untuk itu setiap anggota KORPRI haruslah menjadi aset bangsa, yang menjadi bagian dari solusi bangsa, dan bukannya bagian dari masalah bangsa.

Artinya teruslah melakukan inovasi-inovasi agar pelayanan publik bisa makin murah, makin cepat, makin akurat, dan makin baik. Hilangkan berbagai kendala yang dapat mengurangi produktivitas dan menghambat akselerasi laju pembangunan nasional.

KORPRI akan segera bertransformasi menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI. Dalam bentuk baru itu, fungsi pemerintahan yang diemban berupa pembinaan dan pengembangan profesi Aparatur Sipil Negara, memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota ASN, memberikan rekomendasi terhadap pelanggaran kode etik dan kode perilaku, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Saya harap Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI menjadi pusat inovasi dan tempat lahirnya loncatan-loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pemenntahan, korps berperan menjaga kode etik profesi, standar pelayanan profesi dan mewujudkan Jiwa Korps Aparatur Sipil Negara sebagai pemersatu bangsa. (hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait