Monday, 23 July 2018

Hidupkan Kembali UP2K PKK Sidoarjo Melalui Sosialisasi

post-top-smn

Sidoarjo, SMN – Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga(UP2K) kembali di sosialisasikan TP-PKK Kabupaten Sidoarjo di pendopo Delta Wibawa, Rabu, (11/07/18). Pasalnya sejak program pemerintah pusat tersebut terhenti, keberadaan UP2K yang di kelola PKK desa tidak banyak yang berkembang bahkan mati. Kegiatan sosialisasi ini yang dibuka oleh Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Ida Nur Ahmad Syaifuddin tersebut, diikuti 250 anggota PKK kecamatan, desa maupun kelurahan.

Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Ida Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan, kebijakan program UP2K dikeluarkan sejak tahun 1985 oleh Dirjen Pembangunan Desa dan TP-PKK Pusat. Program tersebut memberikan bantuan modal usaha kepada masing-masing PKK yang mengelola UP2K. Besarannya Rp. 100 ribu-Rp. 500 ribu pertahun yang berasal dari dana bantuan langsung Inpres Pembangunan Desa. Namun sejak tahun 2001, bantuan modal usaha tersebut ditiadakan sejak tidak ada Inpres Bantuan Desa. Saat ini ia katakan UP2K dilaksanakan dan dikembangkan oleh daerah. Modal usahanya diperoleh dari berbagai sektor. Bisa berasal dari lembaga donor, perbankan maupun dari sumber perekonomian lainnya. Dalam acara sosialisasi sebagai narasumbernya adalah

Sekretaris Pokja II TP-PKK Propinsi Jawa Timur Rety Andini. Ia mengatakan UP2K PKK bergerak dibidang usaha ekonomi produktif. Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi keluarga melalui usaha kelompok maupun perorangan. Kegiatan UP2K di prioritaskan bagi keluarga kurang mampu. Masyarakat kurang mampu didorong untuk mempunyai usaha. UP2K akan menyalurkan bantuan permodalan. Modal tersebut dapat digunakan usaha seperti bakulan, warung maupun bengkel. Dengan usaha tersebut tercapainya peningkatan usaha ekonomi keluarga yang menjadi tujuan UP2K dapat terwujud.

Usai kegiatan sosialisasi, TP-PKK Kabupaten Sidoarjo memberikan bingkisan kepada tiga UP2K desa yang dinilai maju dan berkembang. Bingkisan tersebut diberikan kepada UP2K Desa Candipari Kecamatan Porong, UP2K Desa Banjarbendo Kecamatan Sidoarjo dan UP2K Desa Ponokawan Kecamatan Krian. (Try/Kom)

post-top-smn

Baca berita terkait