Tuesday, 25 June 2019

Hari Jadi Blitar ke-692, Momentum Dukung Gerakan Ayo Bela dan Beli Produk Blitar

post-top-smn

Prosesi resepsi hari jadi Blitar ke-629

Prosesi resepsi hari jadi Blitar ke-629

Kab Blitar, SMN – Bupati Blitar H.Rijanto memberikan apresiasi kepada para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang turut andil dalam memeriahkan Hari Jadi Blitar ke-692. Sekitar 90 IKM mempromosikan produk unggulan masing-masing. Ini merupakan wujud dukungan dari mereka terhadap Gerakan Ayo Bela dan Beli Produk Blitar. Hal serupa juga dilakukan para UMKM pada tanggal 28 sampai 31 Juli 2016. Harapannya, dengan kegiatan ini produk Kabupaten Blitar semakin diminati oleh masyarakat luas. Hal ini disampaikan Bupati Blitar saat membuka Bazaar IKM di Kantor Bupati Blitar di Kanigoro, Jumat (5/8) sekitar pukul 19.30 WIB.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota Forpimda yang turut memberikan semangat kepada para IKM sehingga kegitan ini berlangsung sukses. Juga pada kegiatan-kegiatan sebelumnya yang bertujuan mendukung Gerakan Ayo Bela dan Beli Produk Blitar seperti festival agropolitan, gelar produk unggulan dan Jatim Specta Night Carnival (JSNC). Bupati Blitar meminta produk Kabupaten Blitar agar dipelihara terus, ditingkatkan kuantitas maupun kualitasnya, diantaranya sering mengikuti kegiatan promosi, eksposisi baik ditingkat lokal maupun nasional. Sehingga semakin berpengalaman, dan akhirnya mampu bersaing. Seperti diketahui, jumlah IKM di Kabupaten Blitar berjumlah 150 ribu, sedangkan UKM mencapai 250 ribu.

Sebelumnya, Drs. Molan, MM dalam laporannya menegaskan, bazaar IKM dengan membuka sebanyak 30 stand dan diikuti 90 IKM ini akan berlangsung dari tanggal 5-6 Agustus 2016. Selain sebagai upaya mendukung Gerakan Ayo Bela dan Beli Produk Blitar juga sebagai langkah mempertemukan antara produsen dengan konsumen. Ditegaskan pula, produk Kabupaten Blitar masih perlu diperbarui dengan lebih baik. Pola pikir harus mulai diubah dengan mengikuti selera pasar.

Bazaar IKM yang dibuka secara langsung oleh Bupati Blitar dan ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Deskranasda Kabupaten Blitar, Hj.Ninik Rijanto ini disaksikan oleh anggota Forpimda serta beberapa Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar. Usai peresmian Bupati Blitar dan rombongan meninjau langsung stand bazaar IKM.

 

Mengobarkan Semangat Hari Jadi, Menuju Masyarakat Lebih Sejahtera dan Maju

Usai meresmikan Bazaar IKM, Bupati Blitar membuka pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh Ki Dalang Manteb Soedarsono dengan lakon,” Babat Alas Wonomarto Punto Dewo Jumeneng Ratu,” di Alun-alun Kantor Bupati Blitar di Kanigoro, Jumat (5/8).

Hadir dalam Resepsi Hari Jadi Blitar ke-692 tersebut, Wakil Bupati Blitar, Marhaenis, anggota Forpimda, mantan Bupati Blitar, Herry Noegroho, satu diantara anggota Fraksi PDIP DPR RI, Arteria Dahlan, Bupati Trenggalek, Emil Dardak, Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo dan tamu undangan yang lain.

Bupati Blitar, H.Rijanto menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut mensukseskan rangkaian Hari Jadi Blitar ke-692. Harapannya, hari bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Blitar tersebut sebagai penyemangat untuk mewujudkan masyarakat lebih sejahtera,maju dan berdaya saing.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar memberikan keris kepada penari remo, Karabet Sudarsono dan tokoh wayang kepada Ki Dalang Manteb Soedarsono. Acara yang digelar mulai pukul 20.00 WIB tersebut dijuga diacarakan penyerahan KTP bagi warga Kabupaten Blitar yang lahir pada tanggal 5 Agustus, juga Akta Kelahiran bagi si kembar Sakila dan Sahira. Selain itu juga diserahkan pula penghargaan dan uang pembinaan bagi pemenang lomba Kreativitas, Inovasi dan Teknologi (Krenotek). Untuk kategori pelajar bidang agribisnis juara I dari MTs Jabung judul inovasi Analisa Pemanfaatan Limbah Biji Rambutan Menjadi Sambel Pecel si Rambut Merah, juara II dari SMAN 1 Ponggok dengan judul inovasi Tingkatkan Produktifitas Pangan dengan Es Krim Turi.

Bidang Energi juara I dari SMKN 1 Nglegok dengan judul Purwarupa Baterai Organik Sebagai Solusi Energi Terbarukan, bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi juara I SMKN 1 Doko judul inovasi KMAB (Keamanan Motor Anti Begal), dan juara II juga dari SMKN 1 Doko judul inovasi SP3LE ( Sistem Pengendali dan Pengawas Penggunaan Listrik Elektronik). Sedangkan kategori umum juara I bidang agribisnis oleh Mukarom Salasa dari Desa Kemiri Gede Kecamatan Kesamben dengan judul inovasi Alat Pemanjat Pohon Kelapa Tepat Guna Dengan Memanfaatkan Bahan Dari Barang Bekas, Juara II oleh Samsudin dari Desa Gaprang judul inovasi Pemanfaatan Rambutan Sebagai Pengganti Gula Merah Alternatif dan dibidang TIK juara I oleh Grantika Pujianto dari Kecamatan Panggungrejo, judul inovasi Blitar Center Pusat Informasi Pariwisata dan Kuliner Kabupaten Blitar, juara II Drs. Budiyanto Soeryono, M.Pd dari SMAN 1 Sutojayan, judul inovasi Ayo Belajar Biologi dengan Pak Budi (Puzzle Bio Edukasi) Feat Buzan’s I MindMap. Bupati Blitar juga berkesempatan memberikan hadiah kegiatan pisowanan agung bagi 3 daerah terbaik yakni kepada Kecamatan Talun, Sutojayan dan Kademangan. (hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait