Tuesday, 23 October 2018

Hari Anti AIDS, RS AL Gelar Pemeriksaan Darah Gratis

post-top-smn

hari-anti-aids Surabaya, SMN – Memperingati Hari Anti AIDS 2016, Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr Ramelan, Minggu (27/11) menggelar pemeriksaan darah gratis di Taman Bungkul Surabaya.

Pemeriksaan yang digelar saat Car Free Day (hari bebas kendaraan) ini berhasil menyedot animo masyarakat. “Ratusan orang dengan suka rela mengantre untuk memeriksakan diri, ini sebuah langkah positif sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap penyakit AIDS,” kata Kepala Rumkital Dr Ramelan,  Laksamana Pertama TNI dr I.D.G Nalendra DI SpB SpBTKV(K)

Dikatakannya, berbeda dengan tahun sebelumnya, pada Hari Anti AIDS tahun ini Kementerian Kesehatan sengaja menggandeng TNI dan Polri sebagai penggiatnya. Beberapa kegiatan telah dilaksanakan sebagai rangkaiannya, yalni pemasangan spanduk dan sejenisnya di seluruh jajaran kesehatan baik pemerintahan, TNI dan Polri, penyuluhan serentak di sembilan titik daerah Jawa Timur dengan sasaran mahasiswa, masyarakat umum serta keluarga besar TNI dan Polri.

“Kami ditunjuk sebagai ketua pelaksana wilayah timur, kami sengaja menggelar sosialisasi dan pemeriksaan gratis di Taman Bungkul karena saat Car Free Day tempat ini dipadati masyarakat,“ ungkap Karumkital.

Dengan dibantu Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur, Rumkital melaksanakan sosialisasi bahaya HIV atau AIDS ( ODHA ) dengan sasaran masyarakat umum maupun anggota TNI dan Polri yang tengah beraktivitas saat Car Free Day. “Kami juga menggelar pemeriksaan cek-up kesehatan lainnya,” tuturnya.

Dikatakan Karumkital, bertema Mari Kita Berubah, Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV, kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat akan bahaya penularan dan penyebaran HIV/AIDS, sekaligus memberikan wawasan kepada warga agar menjauhi hal – hal bisa mengakibatkan HIV.

Sementara Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Masalah Ksehatan (PPMK), Dinkes Jatim drg Ansarul Fahtudda mengungkapkan, dengan pemeriksaan seperti ini maka bisa dideteksi jumlah orang positif HIV/AIDS.

Dengan banyaknya masyarakat yang memeriksakan kesehatan, menandakan jika kesadaran masyarakat pada bahaya penyakit ini dan bagaimana menghindarinya semakin tinggi. “Lebih baik diketahui sejak awal agar bisa dilakukan pencegahan,” katanya.

Untuk diketahui, sebagai acara puncak akan diselenggarakan di Gedung Negara Grahadi pada 1 Desember 2016. Dalam acara tersebut direncanakan akan dihadiri sekitar 5000 orang mulai pejabat sampai mahasiswa. (hjr/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait