Wednesday, 15 August 2018

Harga Daging Ayam Broiler Bisa Tembus Rp 50 ribu/kg, Daging Sapi Rp 120 ribu/kg

post-top-smn

PROBOLINGGO KOTA, SMN – Harga daging ayam broiler di pasar Kota Probolinggo tembus hingga Rp 50 ribu/kg, memasuki H-4 perayaan Lebaran 1439 H/2018.

Padahal dari pantauan media, dua hari yang lalu harga daging ayam broiler di pasar masih Rp 36 ribu/kg nya.

Kenaikan harga tersebut di ketahui saat Tim Satgas Pangan gabungan dari Polri, Dinas Perdagangan dan Dinas Pertanian Kota Probolinggo ketika melakukan sidak harga daging di pasar Baru Kota Probolinggo, sore tadi.

Tim Satgas Pangan yang diketuai Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal SH SIK dalam sidaknya, langsung menuju ketempat penjual daging ayam broiler yang ada di dalam pasar baru, untuk mengetahui secara langsung harga daging ayam broiler yang dijual pedagang kepada pembeli.

Dalam sidak tersebut, diketahui harga daging ayam broiler yang dijual pedagang kepada pembeli yakni Rp 50 ribu/kg, berbeda dengan pelanggan yang tiap hari membeli, akan diberi harga khusus yakni Rp 45 ribu/kg.

Kepada Tim Satgas Pangan, salah satu pedagang daging ayam broiler di dalam Pasar Baru, Ita mengaku, dia membeli ayam dari distributor seharga Rp 26 ribu/kg namun setelah dipotong mengalami penyusutan.

“Ayam seberat 2 kg kalau sudah di potong menyusut tinggal 1,1/4 kg. Karena penyusutan itu, kami para pedagang menjual per kilo gramnya Rp 50 ribu, bahkan ada yang menjual lebih dari ini,” ucapnya waktu itu.

Sementara itu untuk harga daging sapi masih tetap stabil, yakni dijual kepada pembeli dikisaran Rp 110 ribu/kg s/d Rp 120 ribu/kg untuk daging yang super. Sedang untuk pelanggan tetap dijual seharga Rp 100 ribu/kg.

Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal SH SIK berharap
dengan adanya kenaikan harga daging ayam broiler menjelang lebaran yang melambung tersebut, beliau menghimbau kepada para penjual daging ayam broiler untuk tidak menjual seharga lebih yang sudah ditentukan dari Dirjen Perdagangan Dalam Negeri.

“Harga daging ayam broiler/ayam potong senilai Rp 33 ribu/kg, itu sesuai dengan peraturan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri,” jelasnya kepada para pedagang.

AKBP Alfian Nurrizal juga akan bekerja sama dengan Kepala Dinas Pasar untuk mengoperasi harga pasar.

“Agar tidak terjadi kesenjangan harga tinggi, saya akan bekerja sama dengan Kepala Dinas Pasar untuk melakukan operasi pasar sehingga tidak ada harga yang terpaut jauh dengan ketentuan harga dari Dirjen Perdagangan Dalam Negeri,” pungkasnya. (afu)

post-top-smn

Baca berita terkait