Monday, 23 July 2018

Gus Ipul Minta Lulusan SMK Perkuat Soft Skills

post-top-smn
wagub jatim menghadiri rekrutmen PT. Astra Daihatsu yang diselenggarakan di SMKN 5 Sby 2

Wagub Jatim menghadiri rekrutmen PT. Astra Daihatsu yang diselenggarakan di SMKN 5 Surabaya

Surabaya, SMN – Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf minta lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memperkuat kemampuan non teknikal (soft skills). Pasalnya, selain kemampuan teknis (hard skills), kemampuan soft skill juga sangat menentukan kesuksesan karier di dunia industri.

Permintaan itu disampaikan Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim saat membuka Tes Rekrutmen PT. Astra Daihatsu Motor di SMKN 5 Surabaya, Selasa (23/5).

Gus Ipul mengatakan, soal hard skills, kemampuan lulusan SMK di Jatim sudah berkualitas dan memenuhi syarat untuk dapat terjun bekerja dalam dunia industri. Pasalnya, Pemprov telah bekerjasama dengan berbagai negara, seperti Jerman, Jepang, dan Australia untuk standarisasi pendidikan dan mencetak lulusan SMK dengan standar internasional.

Namun, lanjut Gus Ipul, yang masih perlu ditingkatkan dari lulusan SMK adalah soft skills. soft skills adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal), dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal) yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan, baik pekerjaan yang bersifat individu maupun kelompok.

Soft skills meliputi kemampuan beradaptasi, komunikasi, kepemimpinan, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, conflict resolution, dan lainnya. “Dunia industri tidak hanya membutuhkan SDM yang handal secara teknikal, tapi juga butuh pemimpin yang berkualitas. Karena itu, bekali diri anda dengan soft skills” katanya.

Untuk mengasah soft skills, dapat dilakukan mulai dari diri sendiri. Yakni belajar mandiri, dewasa, menerima keadaan, profesional, tidak mudah putus asa, disiplin, menghargai waktu dan orang lain, memulai inisiatif bicara, berani berbicara di depan umum, menjadi pemimpin di organisasi, dan lebih peka dengan lingkungan sekitar.

“Contohnya dalam tes ini, apapun hasilnya harus diterima dengan lapang dada. Jika berhasil, ya bersyukur dan tetap rendah hati. Sebaliknya, jangan bersedih jika belum lolos. Jadikan sebagai motivasi dan terus berjuang. Pemenang bukan dihasilkan secara instan, tapi setelah melewati berbagai rintangan. Sukses untuk anda semua” katanya.

 

3.000 Peserta se-Jatim Ikuti Rekrutmen PT. Astra Daihatsu Motor

Dalam kesempatan itu, pimpinan PT. Astra Daihatsu Motor, Dr. Joko mengatakan, rekrutmen ini diikuti oleh 3.000 peserta lulusan SMK se-Jatim. “Pada prinsipnya, siapapun yang sesuai dengan kualifikasi akan kami terima. Berapapun jumlahnya” katanya.

Joko mengakui, lulusan SMK di Jatim secara teknikal sangat berkualitas dan sudah siap untuk masuk ke dunia industri. “Secara teknik, lulusan SMK Jatim sudah bagus, namun secara soft skills harus ditingkatkan lagi. Dunia industri juga membutuhkan kepemimpinan dan kerja sama tim” ujarnya.

 

Letakkan Batu Pertama Renovasi Pembangunan Masjid Darul Ilmi

Usai membuka tes rekrutmen, Gus Ipul berkesempatan meletakkan batu pertama renovasi pembangunan Masjid Darul Ilmi SMKN 5 Surabaya. Gus Ipul berpesan, masjid ini harus dimakmurkan dengan berbagai kegiatan keagamaan agar tidak ramai saat pelaksanaan sholat wajib semata.

“Makmurkan masjid ini dengan pengajian, sholawatan, dan kegiatan sosial seperti baksos, atau pengobatan gratis agar manfaatnya lebih luas” pungkasnya.

post-top-smn

Baca berita terkait