Saturday, 20 July 2019

Gugah Minat Baca, Disarsip Sampang Siapkan Piagam Hingga Gelar Les Gratis

post-top-smn

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarsip) Kabupaten Sampang.

Sampang, suaramedianasional.co.id – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarsip) Kabupaten Sampang, optimis dapat meningkatkan minat baca warga dengan berbagai trik.
Diantaranya dengan berupaya memfasilitasi sebaik mungkin dan merangsang minat baca masyarakat agar gemar datang ke perpustakaan setempat.
Kepala bidang (Kabid) Perpustakaan, Disarsip Sampang, M. Bahri, menjelaskan, sejumlah fasilitas untuk pembaca telah disiapkan, termasuk menambah kelengkapan buku yang tersedia. Buku diusahakan memenuhi kebutuhan segala elemen masyarakat, dari TK, SD hingga mahasiswa dan umum.
Selain itu juga ada intenet atau wifi, serta air minum gratis. “Semua untuk menambah kenyamanan membaca di Perpustakaan Sampang ini,” katanya.
Pihaknya juga menyiapkan piagam penghargaan dan pelatihan Bahasa Inggris gratis bagi pengunjung yang paling aktif. “Tahun 2018, ada 5 orang yang sudah kita beri penghargaan karena keaktifan berkunjung ke Perpustakaan Sampang,” ungkap Bahri.
Adanya iming-iming piagam dan les gratis ini terbukti ampuh mendongkrak pengunjung. Bila sebelumnya pengunjung bisa dihitung jari, di awal tahun 2019, telah tercatat meningkat dua kali lipat, mencapai puluhan orang per hari dengan didominasi pelajar dan mahasiswa.
Rencananya, Disarsip Sampang juga akan menggalakkan program pojok baca. Konsep pojok baca ini adalah memanfaatkan lokasi keramaian umum, seperti taman, pasar, terminal, dan rumah sakit sebagai perpustakaan mini. “Kami juga akan memberikan bantuan buku ke pondok-pondok pesantren,” pungkasnya. (why)
post-top-smn

Baca berita terkait