Friday, 20 July 2018

Germas : Berperilaku Sehat Demi Meningkatkan Kualitas Hidup

post-top-smn

LUMAJANG, SMN – Pertemuan beberapa OPD yang dilaksanakan di aula Bappeda kabupaten Lumajang pada Kamis (19/4) tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), yaitu kebijakan pemerintah yang di kemas dalam bentuk kegiatan terpadu dan terkonsep yang dilakukan oleh seluruh elemen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat demi meningkatkan kualitas hidup.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Sekdinkes) Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo, menerangkan bahwa GERMAS secara nasional dimulai dengan fokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik atau olah raga selama 30 menit per hari, kemudian dengan mengkonsumsi buah dan sayur serta memeriksakan kesehatan secara rutin.

Menurut dr Bayu, tiga kegiatan tersebut bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga, karena tidak membutuhkan biaya yang mahal. Dan diharapkan bisa dilakukan kapan saja secara rutin.

“Pola hidup sehat bisa dimulai dari kebiasaan tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, membersihkan lingkungan, dan juga menggunakan sanitasi yang baik,” jelasnya.

Masih menurut dr Bayu, GERMAS ini merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif, dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat, menuju Indonesia Sehat.

“Dalam mensukseskan program GERMAS ini, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja, namun dibutuhkan peran aktif dari sektor lainnya, sebab sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat,” kata dr Bayu.

Perilaku Hidup sehat dimulai dari individu, keluarga, dan masyarakat. Dan dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi bisa menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat.

“Kedepan Pemerintah Daerah wajib menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, serta memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya. Dan pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,” imbuhnya.

GERMAS bertujuan, mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, tidak mau makan sayur, dan perilaku tidak sehat lainnya.

Sementara itu, Kasubid SDM Bappeda Setda Lumajang, Anisa Utami, menjelaskan bahwa acara Pertemuan Advokasi Penguatan Program Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Implementasi Germas yang dilaksanakan diaula Bappeda Setda Lumajang, dikarenakan Bappeda ditunjuk sebagai Ketua Pokja Germas, dan meminta kepada OPD terkait untuk bisa memahami dan ikut mensosialisasikan program Germas ditingkat OPD masing-masing.

“Sementara ini, kami akan membentuk tim vokal poin Germas yang dibentuk OPD, untuk disosialisasikan di tingkat OPD masing-masing,” jelasnya.

Menurut Anissa, Vokal Poin ini bisa ikut mensosialisasikan Germas, seperti tidak merokok di dalam kantor, sebab itu sudah ada Perbup terkait Kawasan bebas Rokok.

“Semua itu demi menuju program Kabupaten Sehat. Dalam Pokja juga diharapkan bisa sering mengadakan pertemuan dengan pihak Dinkes, minimal dua bulan sekali, dengan program mengadvokasi para OPD, untuk mensosialisasikan dilingkungan kerjanya,” pungkasnya. (Atk)

post-top-smn

Baca berita terkait