Sunday, 21 October 2018

Gemar Makan Ikan Sejak Dini

post-top-smn

Sidoarjo Septi

Pembinaan Gemarikan 2015 Sejak Usia Dini Harus Di Tanamkan Gemar makan Ikan.

Sidoarjo, SMN Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Perikanan dan kelautan mengajak para Guru TK dan SD untuk mengajari siswanya gemar makan ikan terutama ikan laut sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kecerdasan siswa.

Dalam kesempatan Pembinaan Gemar Ikan para guru TK. Kabid Pengolahan Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo, Ir. Septiwati Nugraheni, MM mengatakan, ikan laut merupakan sumber ketahanan pangan yang mengandung gizi dan omega tiga sangat tinggi.

“Dengan memperbanyak makan ikan, anak-anak akan sehat dan cerdas. Disamping itu mengenalkan kepada anak-anak untuk suka makan ikan perlu diajarkan mulai dari sekarang supaya para penerus bangsa gemar makan ikan,” kata Ir. Septiwati Nugraeni saat kegiatan pembinaan gebyar makan ikan (Gemarikan) 2015 di Pemkab Sidoarjo,

Ia mengatakan, selain mengajarkan kepada anak-anak untuk gemar makan ikan, Dinas kelautan dan perikanan kabupaten Sidoarjo juga mengajarkan demo memasak ke masing-masing sekolah di 18 kecamatan yang ada berada di Sidoarjo.

“Tahun 2015 nanti kami akan mengajak anak-anak untuk memasak secara bersama-sama. Setelah demo memasak di awal tahun kami juga menggelar acara Gemar ikan seperti ini lagi di akhir tahun,” katanya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini maka anak-anak akan senang untuk mengkonsumsi ikan mengingat mengkonsumsi ikan tersebut sangat baik untuk kecerdasan otak.

“Jadi sudah sangat pas, kalau anak ingin pintas salah satunya bisa dengan mengkonsumsi ikan seperti yang dilakukan kali ini,” katanya.

Pada kegiatan ini diikuti oleh para guru TK se kabupaten ini merupakan salah satu agenda tahunan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo

Meskipun termasuk Kabupaten yang memiliki potensi perikanan cukup tinggi di Indonesia, namun soal konsumsi ikan, masyarakat Sidoarjo termasuk masih dibawah standart Nasional.

Menurut Ir Septiwati Nugraeni Kabid pengolahan Ikan Dinas kelautan dan perikanan Kabupaten Sidoarjo, standart konsumsi ikan nasional tiap warga yang ditetapkan nasional adalah 30 kg per kapita per tahun. Sedangkan saat ini, masyarakat Sidoarjo masih 25 kg per kapita per tahun.

“Memang konsumsi ikan masyarakat Sidoarjo masih di bawah konsumsi nasional. Namun untuk konsumsi ikan di tingkat masyarakat Jawa Timur, kita masih diatasnya,” tuturnya .
Kenapa demikian lanjut Ir Septi karena tingkat konsumsi ikan masyarakat di Jawa Timur ini, masih sekitar 24 kg perkapita per tahun.

“Ini disebabkan, masyarakat di Kabupaten lain, potensi penghasil perikanannya masih di bawah Sidoarjo,” ujar nya lagi.

Sementara itu, Sebagai upaya menggenjot lagi konsumsi ikan bagi masyarakat Sidoarjo, Dinas kelautan dan perikanan Sidoarjo, terus menggencarkan program gemar makan ikan.
Program yang dibarengi dengan lomba menu masakan kudapan berbahan dasar ikan ini, bertujuan untuk menggairahkan kembali gemar makan ikan bagi masyarakat Sidoarjo.

“Ikan itu mengandung omega 3 yang cukup baik bagi kecerdasan. Untuk itu, kita terus upayakan agar masyarakat Sidoarjo semakin gemar mengkonsumsi ikan, apapun jenis ikan tersebut,” tutup Ir. Septiwati, MM. (met)

post-top-smn

Baca berita terkait