Thursday, 13 December 2018

Gelar Paripurna Penyerahan Dokumen PAPBD, Target Habiskan Silpa Rp 191 M

post-top-smn

Paripurna DPRD dengan agenda penyerahan dokumen PAPBD 2018 pada Rabu (8/8).

Ngawi, SMN – Setelah melakukan penetapan Perubahan APBD beberapa waktu lalu, pemerintah menyerahkan dokumen PAPBD ke DPRD, yang dilakukan dalam rapat paripurna di Gedung Kesenian, Rabu (8/8). “Ini merupakan tindak lanjut setelah pemerintah menetapkan PAPBD, kekuatan PAPBD kita tahun ini sekitar Rp 2.2 Triliun,” ujar Bupati Ngawi, Budi Sulistyono alias Kanang.

Kanang juga mengemukakan, walaupun di tingkat pusat tidak ada perubahan APBN, namun Pemkab Ngawi melakukannya karena adanya beberapa estimasi penyusunan rencana yang berubah. Tidak adanya PAPBN diakui oleh bupati, mempengaruhi beberapa estimasi yang semula diharapkan bertambah. “Namun, pengaruhnya tetap tidak banyak,” kata Kanang.

Sementara itu Ketua DPRD Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko mengatakan, penyerapan dana akan dimaksimalkan dalam pelaksanaan PAPBD 2018. Saat ini, dana kas daerah sekitar Rp 191 M diupayakan akan dihabiskan.”Kekuatan dalam PAPBD tahun ini diantaranya juga berasal dari naiknya dana bagi hasil cukai dan tembakau (DBHCHT) dan sektor retribusi,” ungkap Antok, sapaan akrabnya.

Dari segi komposisi, porsi belanja langsung sekitar 46 persen sementara belanja tidak langsung sekitar 54 persen.Penyerahan dokumen PAPBD ini juga diharapkan menjadi momentum bagi Pemkab untuk pelaksanaan program yang makin efisien efektif dan akuntabel.(ari)

post-top-smn

Baca berita terkait