Wednesday, 19 December 2018

Gebyar Sedekah Bumi Desa Pekuwon “Ngalap Berkat 70 Tumpeng Jumbo”

post-top-smn

Exif_JPEG_420

Mojokerto, SMN – Kebudayaan di indonesia sangat banyak dan beragam dari setiap daerah memiliki kebudayaan serta adat istiadat yang berbeda.dari perbedaan budaya yang bermacam macam itulah sehingga indonesia memiliki semboyan “BHINEKA TUNGGAL IKA”  meskipun berbeda beda tapi tetap satu jua.kebudayaan yang ada disetiap wilayah memiliki makna tersendiri ada yang menggambarkan tentang kehidupan, kebiasaan , corak atau ciri khas daerah tersebut.

Upacara sedekah bumi merupakan sebuah ritual yang biasanya dilakukan oleh masyarakat jawa, sedekah bumi berarti menyedekahi bumi. Bersedekah adalah hal yang sangat dianjurkan selain sebagai bentuk dari ucapan syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Alloh Swt. Sedekah juga dapat menjauhkan diri dari sifat kikir dan dapat pula menjauhkan diri dari musibah.

Dalam gebyar sedekah bumi desa pekuwon yang diselenggarakan hari minggu tanggal 21 mei 2017, dimulai dari halaman balai desa lalu berjalan mengelilingi kampung yang jaraknya sekitar 5 kilometer. Diawal pembukaan diiringi drumband siswa siswi SDN Pekuwon yang banyak meraih prestasi.lalu diikuti iringan parade patih gajah mada dan dikawal para prajurit serta punggawa punggawanya.berbagai iringan pawai dibelangnya yang membikin suasana lelah menjadi gembira karena dihibur dengan musik patrol yang anggotanya adalah ibu ibu petani dan disambung dengan peserta senam. Dibarisan paling belakang ada terbang jidor lalu kesenian bantengan cabang gus bas.setelah selesai pawai dan kembali ke balai desa acara dilanjutkan dengan ngalap berkat 70 tumpeng jumbo dipendopo balai desa yang dihadiri langsung oleh Dewan Adat Kabupaten Mojokerto yang diketuai oleh Gitut Hari Utomo.Bpk kepala desa dalam sambutannya mengatakan, SDN Pekuwon ini sudah maju dan bisa dibanggakan karena salah satu murid ada yang jadi juara 1 pildacil kabupaten mojokerto.

Didesa pekuwon kec. Bangsal kab.Mojokerto juga punya tiga tokoh adat yang diketuai oleh Bpk. Sasmito Utomo. Acara semakin meriah dengan penampilan da’i cilik yang memboyong juara 1 tingkat kabupaten yaitu Niswatul Mufarikha dari SDN Pekuwon yang akhirnya jatuh sakit tidak dapat melanjutkan dakwahnya. Selanjutnya sambutan diberikan oleh dewan dewan adat kabupaten mojokerto lalu disambung sambutan tokoh adat desa pekuwon yang diiringi dengan karawitan dimana musisinya adalah ibu ibu acara demi acara telah dilaksanakan kemudian ditutup dengan do’a.lalu tumpeng yang sebanyak 70 ancak dibagikan ke warga yang hadir di balai desa pekuwon, disela menikmati tumpeng tiba tiba warga antusias saling berebut gunungan hasil bumi.siang hari hiburan dilanjutkan dengan kesenian bantengan untuk malam hari ada kesenian campursari dan juga pagelaran wayang kulit.

Sukses selalu buat kades Imam Safi’i ST beserta perangkatnya dalam memeriahkan agenda tahunan desa pekuwon.(ful)

post-top-smn

Baca berita terkait