Sunday, 18 November 2018

Gaungkan JKN-KIS, BPJS Kesehatan Turun Ke Pasar

post-top-smn

Jember, suaramedianasional.co.id – Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang mewajibkan setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), telah menggerakkan BPJS Kesehatan Cabang Jember untuk turun  menyambangi pasar.

Kunjungan ini, kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember, Tanya Rahayu, dilaksanakan sebagai wujud nyata dari komiteman BPJS Kesehatan, yang hadir untuk menyelenggarakan jaminan sosial kesehatan dan memastikan setiap orang paham akan program JKN-KIS.

“Kami hadir disini, bersama dengan tim dari BPJS Kesehatan Cabang Jember, dalam rangka mensosialisasikan program JKN-KIS kepada pedagang, pengunjung dan tengkulak yang berada di dalam pasar ini,” kata Tanya kepada sejumlah pedagang di Pasar Tanjung Jember, tadi siang (30/10).

Pihaknya, menurut Tanya sudah merencanakan untuk berkunjung ke pasar-pasar tradisional di Kabupaten Jember.

“Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jember, yang sebelumnya kami berkunjung ke salah satu pasar juga di Kecamatan Ajung,” bebernya.

Selain itu, kata Tanya, pihaknya juga menyambangi salah satu Badan Usaha yang tak jauh dari lokasi pasar untuk melakukan fungsi penagihan iuran JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU-BU).

“Upaya penagihan tersebut berjalan dengan baik serta sesuai dengan harapan kami. Kunjungan kedua ini kami fokuskan untuk melaksanakan sosialisasi program JKN-KIS kepada masyarakat yang berada di pasar ini. Memang selama ini kami telah melakukan sosialisasi seputar JKN-KIS, hanya saja media yang kami gunakan tidak secara langsung, melainkan melalui media massa seperti majalah, koran, atau melalui puskesmas yang berada di wilayah pulau tersebut,” tuturnya.

Dari kacamata media, BPJS Kesehatan disini memberikan informasi seputar JKN-KIS, sehingga para pedagang mendapatkan dasar-dasar pemahaman tentang program JKN-KIS.

“Kadang kami tidak mempunyai waktu, karena sibuk berjualan, dan ini membuat kami sulit mendapatkan informasi-informasi yang penting, tetapi dengan hadirnya BPJS Kesehatan di pasar ini, membuat kami lebih paham lagi tentang program ini. Kami berharap program ini dapat terus berjalan dan semakin memberikan manfaat yang luas dan merata lagi,” kata Bu Umi, salah satu pedagang setempat.

Bu Umi dan rekan-rekan seprofesi mengatakan bahwa BPJS Kesehatan secara konsisten akan memberikan informasi-informasi terbaru tentang program JKN-KIS, sehingga masyarakat yang berada di dalam pasar tidak ketinggalan informasi seputar program JKN-KIS.

“Kami berharap dengan kehadiran BPJS Kesehatan disini, dapat menambah pemahaman kami sekalian seputar JKN-KIS dan semoga bermanfaat bagi kami semua. Kami juga akan  menyampaikan harapan yang telah didengar informasi seputar JKN-KIS, nanti kami bantu menyampaikan informasi ini kepada sanak saudara atau masyarakat lainnya, yang belum mengetaui program JKN-KIS,” tutupnya.(afu)

post-top-smn

Baca berita terkait