Wednesday, 15 August 2018

F-Wamipro Peringati Hari Pers Nasional “Pers Sehat Bangsa Hebat“

post-top-smn

= PROBOLINGGO - Forum Wartawan Mingguan Probolinggo 1

Drs. Teguh Bagus Sujawanta, M.Pd

Probolinggo, SMN – Memperingati Hari Pers Nasional yang dipusatkan di Kepulauan Riau, Senin (09 Februari 2015), sedangkan Hari Pers Nasional di Kota Probolinggo kali ini diperingati dan dirayakan dengan sederhana.

Potongan tumpeng sebagai bentuk syukur para insan Pers yang tergabung dalam wadah Forum Wartawan Mingguan bersama jajaran pemerintah kota menyelenggarakan tasyakuran dan doa bersama di Kampung Seni Kolam Renang Probolinggo.

Walikota, Hj. Rukmini, SH, MSi yang diwakili oleh Asisten Administrasi, Drs. Teguh Bagus Sujawanto, M.Pd dan Sekertaris Daerah, Kepala Bagian Umum, Drs. Gatot Wahyudi, M.Si, hadir juga wakil dari Komandan Kodim serta wakil dari Kapolres Kota Probolinggo.

Sementara, Ketua Forum Wartawan Mingguan Probolinggo (F-Wamimpro), Kamari, SE dalam sambutannya menyampaikan makna dan hakekat dari peringatan Hari Pers Nasional yang di setiap tahunnya selalu diperingati oleh segenap insan pers di bumi nusantara ini.

= PROBOLINGGO - Forum Wartawan Mingguan Probolinggo 2

Ketua F-Wamipro, Kamari, SE

Hari Pers bukanlah hanya slogan dan kiasan belaka, namun memiliki arti yang tersirat dan tersurat serta patut untuk direnungkan bersama. “Sehingga kita mampu untuk memaknai sesuai dengan harapan tujuan dan cita-cita keberadaan insan Pers tersebut. Pers merupakan salah satu pilar demokrasi yang keberadaannya patut untuk dihargai, bukan untuk dimusuhi atau ditakuti,” katanya.

Lebih lanjut Kamari menjelaskan, Pers merupakan salah satu bagian penting dari kehidupan berbangsa dan bernegara. Mengingat keberadaan insan Pers mampu untuk memberikan suatu informasi, pemberitaan yang nantinya akan dikonsumsi oleh masyarakat luas.

“Karena begitu pentingnya peran insan Pers untuk selalu memberi informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat, untuk itu kami selaku bagian dari insan pers dalam wadah F-Wamimpro selalu mengharapkan agar seluruh jajaran pengurus serta anggota F-Wamipro untuk selalu mengedepankan profesionalisme di dalam setiap penulisan berita,” pesannya.

Beritakanlah tentang setiap kebijakan yang diambil oleh pembuat kebijakan agar selalu mengedepankan kepentingan masyarakat luas, dan jadikanlah salah satu penyeimbang serta kontrol sosial untuk turut serta mensukseskan pembangunan yang telah dicanangkan oleh para pemimpin.

Mengutip dari tema Hari Pers Nasional tahun 2015 yang diselenggarakan di Kepulauan Riau, yakni “PERS SEHAT BANGSA HEBAT” membuat insan Pers harus bangga bahwa hebatnya suatu bangsa merupakan andil dari keberadaan Pers yang ada selama ini.

“Namun semua ini bukan serta merta kita harus membanggakan diri secara berlebihan, karena di balik semua ada nilai luhur yang harus dimengerti oleh insan pers untuk selalu profesional dalam mengemban tugas dan selalu mengedepankan asas praduga tidak bersalah dan perlu diingat, Pers jangan sekali-kali menjastice karena itu bukan wewenang kita. Tugas kita adalah memberikan sajian berita yang berimbang dan akurat,” ulasnya.

Sementara itu, Walikota, HJ. Rukmini, SH, MSi, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi, Teguh Bagus Sujawanto, mengatakan, peran Pers sangatlah besar, karena Pers telah memberikan kontribusi dalam memberikan informasi daerah kepada masyarakat. Tanpa insan Pers, masyarakat tidak akan mengetahui informasi pembangunan.

“Tema dalam peringatan Hari Pers Nasional kali ini adalah “Pers Sehat, Pers Hebat” lebih lanjut Pers yang sehat adalah pers yang tidak hanya berorentasi kepada duniawi saja, tetapi juga menyadari betapa pentingnya menyampaikan kebenaran. Kami berharap Pers menyuarakan dua hal penting, yaitu yang pertama adalah kewajiban moral untuk mengkritisi dan mengoreksi apa yang dilakukan pemerintah. Tentu termasuk pejabat pejabatnya, saya selalu menyimak dan memperhatikan kritik Pers, misalnya menyangkut masih banyaknya kasus kurupsi, masih belum baiknya birokrasi, masih kurangnya pembangunan yang belum menyentuh daerah pinggiran. Yang kedua, tentu Pers juga berperan untuk membangun optimisme dan meyakinkan masyarakat bahwa di tengah masih banyaknya kekurangan dan ketidakberhasilan, dan tidak sedikit pula prestasi dan keberhasilan yang dicapai. Masyarakat kita saat ini adalah masyarakat kritis dengan informasi yang ada di media, pers sangatlah mungkin mempengaruhi pikiran masyarakat dari masyarakat karena masyarakat sangat percaya pada insan pers, maka dari itu saya berharap para insan Pers menaati dan mematuhi Kode Etik Jurnalisik, berita yang dihasilkan haruslah akurat, berimbang dan tidak memprovokatif pihak tertentu,” ulasnya.

Ditambahkan, pers haruslah tahu bahwa insan pers ikut berperan dalam mendidik dan mencerdaskan kehidupan bangsa. “Mari kita tampilkan sesuatu yang seimbang, ada yang buruk ada yang baik ada pula yang plus adab yang minus ada yang sudah kita capai ada pula yang belum kita capai,” ujarnya.

Sebelum menutup dalam sambutannya, Teguh juga menyampaikan agar Pers harus dalam wadah sebuah perusahaan berbadan hukum PT, sesuai dengan surat edaran dari Dewan Pers No 01/se-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan standart perusahaan Pers. (opt/edi)

post-top-smn

Baca berita terkait