Tuesday, 14 August 2018

ESDM Teliti Kemunculan Gas Berbahaya di Rumah Muhajir

post-top-smn

Fenomena alam lain setelah semburan air di Sidolaju, munculnya semburan gas rentan terbakar di Desa Waruk Tengah Kecamatan Pangkur. (Foto dokumentasi BPBD Kab. ngawi).

Ngawi, SMN – Rumah Muhajir, warga Desa Waruk Tengah Kecamatan Pangkur, sejak Senin (6/8) ramai didatangi tetangga. Ini tak lain akibat munculnya gas dari sumur pompa di rumahnya. “Anak saya yang sedang tidur kan terkejut karena malam ada suara gemuruh dari sumur pompa yang ada di dekat kamar,” kata Muhajir.

Suara gemuruh itu disusul dengan bau gas dan setelah dicoba dengan korek api malah menyala. “Kamarnya kami kosongkan dan gas itu kami beri selang untuk dialirkan keluar rumah,” ungkapnya.

Petugas dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur, sebetulnya Rabu (8/8) sedang meneliti semburan air di Sidolaju, akhirnya tertarik melihat fenomena munculnya gas di rumah Muhajir. Usai mengambil sampel air dari lokasi semburan, petugas ESDM pun meluncur ke Waruk Tengah. “Ini sebenarnya banyak di Ngawi, sering disebut sebagai gas dangkal atau rawa, tetap harus diwaspadai karena bisa terbakar,” ujar Kukuh Sujatmiko, petugas Dinas ESDM Jatim.

Petugas meminta tetap hati-hati dan aliran gas diupayakan berada di ruang terbuka. Namun, petugas ESDM belum bisa memastikan, apa saja pemicu hingga gas itu muncul ke permukaan dan hal itu masih dalam penelitian lebih lanjut. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait