Tuesday, 14 August 2018

ESDM Jatim Turun ke Ngawi Teliti Semburan Air di Sidolaju dan Kemunculan Api di Pangkur

post-top-smn

Petugas ESDM ke Ngawi.

Ngawi, SMN – Petugas dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dari Jawa Timur turun gunung ke Ngawi untuk meneliti semburan air yang keluar di sawah milik Mujianto, di Dusun Weru Desa Sidolaju Kecamatan Widodaren.

Petugas ESDM juga mengambil sampel air untuk diteliti lebih lanjut. Semburan air sendiri sudah berlangsung selama empat hari sejak Minggu (5/8) dan sampai Rabu kemarin (8/8) belum menampakkan tanda berkurang.

Menurut pemilik sawah,  Mujianto, air yang berasal dari pompa sawah itu tiba-tiba menyembur sangat deras sejak Minggu (5/8). “Ketinggian air masih sama sekitar 30 meter, saya sendiri sudah rugi sekitar Rp 50 juta karena tidak bisa menggarap sawah,” ujar Mujianto.

Semburan air membuat sawah-sawah di sekitarnya ikut teraliri air. Sekitar 3 hektar sawah di sekitarnya kini tampak basah.

Sementara itu Kukuh Sujatmiko, petugas Dinas ESDM Jatim menyatakan, air diduga mengandung gas metan. “Diduga ada gas metan, ini bisa dilihat dari adanya gelembung di dekat sumber,” katanya. Masyarakat tetap dihimbau tidak menyalakan api di dekat sumber air serta menunggu hasil lab jika ingin mengkonsumsinya. “Kita jaga bersama sama, takutnya ada gas yang harus kita waspada.

Petugas Dinas ESDM kemudian juga meluncur ke Pangkur untuk melihat kemunculan api di rumah salah satu warga. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait