Saturday, 15 December 2018

DPRD Setujui Perubahan APBD 2018

post-top-smn

 

Pimpinan DPRD Ngawi dan Bupati Ngawi, menandatangani pengesahan Perda P – APBD 2018.

 

Ngawi, SMN – Setelah menggelar rapat paripurna selama dua hari, 9-10 Juli 2018 kemarin, DPRD menyetujui Ranperda Perubahan APBD 2018. “Kekuatan P- APBD 2018 menilik dari sisa lebih pagu anggaran (silpa) sebesar Rp 191 M, kemudian ada pula anggaran pusat dan provinsi yang belum masuk APBD juga dana bagi hasil yakni pajak dan bukan pajak serta dana bagi hasil cukai,” kata Dwi Rianto Jatmiko, Ketua DPRD Ngawi.

Dalam pandangan akhir, sebanyak 6 fraksi di DPRD menyetujui Ranperda P- APBD untuk ditetapkan menjadi Perda.

Silpa yang sudah tergunakan sampai P – APBD ditetapkan, tinggal 110 M dan terkurangi untuk spesifik cost 50 M dan sisanya sebagai variable cost. “Spesifik cost tidak bisa kita gunakan selain dari yang sudah ditetapkan, sementara variable cost lebih luwes untuk dimanfaatkan,”ujar Antok.

Pemkab dan DPRD sendiri berusaha keras memperbaiki performa APBD diantaranya dengan mengurangi angka silpa yang tinggi. “Tingginya silpa pada pos belanja spesifik cost harus berkurang, ini pos DAK dan tunjangan profesi guru. Kami minta Pemkab menyurat ke pusat agar tidak mentransfer tunjangan guru sebelum yang ada di kas daerah terpakai,” imbuh Antok.(ari)

post-top-smn

Baca berita terkait