Monday, 23 July 2018

DPC Peradi Sidoarjo Mendukung Pengadilan Negeri Sidoarjo Atas Peristiwa Contempt of Court

post-top-smn

Bambang Soetjipto,SH bersama para wakil dan pengurusnya menyampaikan empat sikap keprihatinan.

 

 

Sidoarjo,SMN – Beberapa hari terakhir ini publik dikejutkan dengan beredarnya Video di media sosial tentang kegaduhan dalam ruangan sidang di Pengadilan Negeri Sidoarjo tanggal 28 Juni 2018 lalu.Peristiwa Kegaduhan yang di lakukan Gunde Guntual beserta istri warga Surabaya  telah membuat ricuh ruang sidang PN Sidoarjo,di saat hakim membaca putusan terhadap seorang terdakwa, dan terlapor berusaha mencegah proses sidang dengan cara berteriak-teriak sambil menghina  di  pengadilan karena tidak terima atas keputusan hakim. Aksi ini dapat di katagorikan “Contempt Of Court” atau penghinaan terhadap lembaga Peradilan.Dengan adanya kejadian seperti ini PN Sidoarjo melaporkan ke Polresta Sidoarjo.

Dalam peristiwa ini, DPC Perhimpunan Advokad Indonesia(Peradi)Sidoarjo langsung menyampaikan sikap keprihatinan.Wakil Ketua DPC Peradi Sidoarjo Dr.Ben D Hadjon, SH menjelaskan,dengan adanya kejadian seperti ini kami punya tanggung jawab moril untuk menjaga harkat dan martabat PN Sidoarjo sebagai tempat dimana semua orang mencari keadilan,dan kami menghimbau apabila tidak puas dalam putusan hakim,agar menggunakan upaya hukum mengajukan banding atau kasasi.Dalam acara Konferensi Pers,Selasa(03/07/18) di Jon’s cafe Citrawalk Sidoarjo. DPC Perhimpunan Advokad Indonesia(Peradi)  Sidoarjo yang di Ketuai Bambang Soetjipto,SH bersama para wakil dan pengurusnya menyampaikan empat sikap keprihatinan atas peristiwa tersebut,yang di bacakan secara langsung oleh Ananto Haryo (wakil ketua).

Pertama, DPC Peradi Sidoarjo mengecam keras tindakan yang di lakukan oleh oknum tertentu.

Kedua,DPC Peradi Sidoarjo mendukung PN Sidoarjo untuk mengambil tindakan dan langkah-langkah hukum untuk menjaga harkat dan martabat pengadilan.

Ketiga,para pencari keadilan agar menggunakan upaya hukum yang tersedia apabila tidak puas dengan putusan hakim.

Ke empat,DPC Peradi Sidoarjo menghimbau kepada siapapun untuk percaya dan patuh terhadap putusan yang dijatuhkan oleh pengadilan sebagai perwujudan dari sikap paham dan patuh terhadap hukum.

Pernyataan empat sikap inilah yang nantinya akan di lakukan oleh DPC Peradi Sidoarjo. (Try)

 

post-top-smn

Baca berita terkait