Monday, 17 December 2018

DLHKP, Peletakan Batu Pertama Hutan Kota Jayabaya

post-top-smn
Walikota Kediri Abu Bakar saat peletakan batu pertama pembangunan hutan kota

Walikota Kediri Abu Bakar saat peletakan batu pertama pembangunan hutan kota

Kediri, SMN – Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri, melakukan prosesi peletakan batu pertama hutan kota pada Kamis, (31/08) di Banjaran. Hadir dalam acara ini, Walikota, wawali, DLHKP, Humas, Konsultan dan pengawas, serta dari berbagai unsur masyarakat yang lain.

Kepala Dinas LHKP, Didi Catur HP, dalam sambutanya mengatakan, “Berbagai langkah dan tahapan sudah kami lakukan, pembersihan lahan, melakukan foging, pemindahan para pedagang yang dibantu oleh SATPOL PP”. Lebih lanjut Didi menyampaikan, “Pembangunan hutan kota ini akan dilakukan dalam 2 tahapan, yaitu untuk Tahap I di Tahun 2017 dan Tahap II tahun 2018”.

Walikota Kediri, Abu Bakar, SE dalam kesempatan ini, menyampaikan, “Bahwa pembangunan hutan kota ini berawal dari penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH), THH di Kota Kediri sudah lebih dari 30% include private, artinya asset dari pemkot masih kurang dari jumlah itu. Sedangkan konsep yang dikembangkan, adalah Konsep Eco artinya tanaman hutan yang ada, yang besar tetap dirawat, untuk penyerapan air dan akan ditambah dengan tanaman langka yang lain. Hutan kota ini nantinya akan diberi nama Hutan Jayabaya, sesuai dengan logo Kota Kediri, Jayabaya yang maknanya, “Djojo Ing Beboyo”. Abu Bakar berharap dengan pembangunan hutan kota ini, akan semakin meningkatkan indeks kebahagiaan warga Kota Kediri. Pembangunan hutan kota ini dengan nilai sebesar 6,6 M. sedangkan sumber dananya adalah berasal dari APBD TA. 2017 Pelaksana PT. Cipta Bhakti Pertiwi, Konsultan Pengawas CV. Sinar Rizky Konsultan, sedangkan jangka waktu pelaksanaan adalah selama 135 hari kalender. Pada tahap pertama pembangunan di Tahun 2017 ini akan membangun: Kubah ornamen taman, Plaza dan pedestrian, Mushola, Amphiteater, Areal parkir utara dan selatan, dan areal pintu masuk. Dan untuk konsep rencana pembangunan tahap kedua Tahun 2018 adalah, Skybridge hutan kota, dinding lengkung tempat diskusi, area bermain anak sisi timur, rumah pohon(tree house), jasa konsultasi pra desain taman kota Kediri. (smg)

post-top-smn

Baca berita terkait