Sunday, 21 October 2018

Diskominfo Jatim Raih Penghargaan Sebagai Pendorong Implementasi KIP

post-top-smn

diskominfo

Surabaya, SMN – Prestasi gemilang kembali ditorehkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur dibawah kepemimpinan Eddy Santoso. Kali ini, Diskominfo meraih penghargaan sekaligus dinobatkan sebagai pendorong implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) oleh Komisi Informasi (KI) Jatim.

Ketua Komisi Informasi (KI) Ketty Tri Setyorini mengatakan,selama ini Diskominfo Jatim aktif mendorong Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Kabupaten/kota untuk mengimplementasikan amanat amanah UU Nomor  14/2008 tentang KIP. Selain melakukan pendampingan, Diskominfo Jatim juga sering mengadakan sosialisasi dan pelatihan

“PPID di Diskominfo sudah berjalan dengan sangat baik. KI sebagai mitra juga selalu dilibatkan ketika mendampingi SKPD atau Kabupaten/kota yang ingin belajar terkait mekanisme KIP yang aman dan profesional,” terangnya usai acara PPID Award, Selasa (13/12) malam.

Ke depan, ia menuturkan SKPD dan kabupaten/kota dapat belajar pada Diskominfo Jatim. Kesadaran akan pentingnya keterbukaan informasi menjadi sangat penting, hal tersebut untuk menjamin hak publik agar tetap terpenuhi. “Semoga kesadaran akan KIP semakin luas,” ucapnya.

Kepala Diskominfo Jatim, Eddy Santoso mengungkapkan prestasi yang diraih merupakan kerja keras bersama. Pihaknya berkomitmen terus meningkatkan dan mendorong lembaga pemerintah membuka diri terutama bagi masyarakat yang membutuhkan informasi.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi tim maka dewan juri memutuskan penghargaan Sistem Layanan Informasi Publik Terbaik Kabupaten/Kota Kategori A diberikan kepada Kabupaten Blitar dan Kabupaten Bojonegoro  sementara Kategori B diraih Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pamekasan, Kota Surabaya, dan Kota Blitar. Sedangkan untuk tingkat SKPD Kategori B diberikan kepada RSUD dr. Syaiful Anwar Malang, Dinas Kesehatan  Jatim, dan Dinas Pendidikan Jatim.

Penghargaan Kategori Meja Layanan Terbaik PPID SKPD Jatim dimenangkan oleh Dinas Pendidikan  Jatim, tingkat kabupaten/kota dimenangkan oleh Kabupaten Bojonegoro. Untuk kategori kepatuhan melaporkan layanan informasi publik SKPD Jatim dimenangkan RSUD dr. Soetomo, untuk tingkat kabupaten/kota diraih Kota Blitar. Sedangkan untuk KPU kabupaten/kota se-Jatim dimenangkan KPU Jember.

Kategori apresiasi terhadap inisiatif  penggerak keterbukaan informasi di pemerintahan desa diraih oleh Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar dan Magetan. Kategori website terinformatif kabupaten/kota se-Jatim diraih Kabupaten Blitar dan tingkat SKPD diraih Dinas Kesehatan Jatim. (luk/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait