Tuesday, 12 December 2017

Dinkes Gelar workshop Guna tingkatkan Mutu pelayanan dan Akreditasi Puskesmas

post-top-smn

saat workshop berlangsung

NGANJUK, SMN – Sesuai peraturan Menteri No 46 Tahun 2015 Tentang Akreditasi Puskesmas,Klinik Pratama,Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi. Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk Gelar Workshop Audit Internal Dan Tinjauan Manajemen.Untuk Puskesmas Se-Kabupaten Nganjuk Tanggal 23-24 November 2017 bertempat di Gedung serbaguna Hotel Nirwana Nganjuk Jl.Gatot Subroto No 2A Kelurahan Kauman Kecamatan Nganjuk.

Dalam Workshop yang di gelar selama 2 hari ini ada beberapa pokok bahasan yang di suguhkan yakni Pre test standart akreditasi dengan audit internal, Menyusun rencana audit internal beserta instrumennya dan penugasan menyusun jadwal audit,rencana,instrumen audit juga daftar tilik.

Acara Dengan Pembicara Dokter Anijuliarti Dari Dinas Kesehatan Provinsi jawa timur ini dihadiri sebanyak 160 orang dari berbagai puskesmas se-Kabupaten Nganjuk dengan jumlah 6 Orang/ Puskesmas. Mengingatkan kembali bahwa Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting dari pembangunan nasional.Untuk mencapai tujuan tersebut,berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh,berjenjang,dan terpadu dilakukan.  Dipelopori oleh puskesmas sebagai garda terdepan dalam kesehatan,sebagai unit pelaksana Teknis Dinas kesehatan Kabupaten/kota pada tingkat Kecamatan.

Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu,peningkatan kinerja dan penerapan manajemen resiko dilaksanakan berkesinambungan. Perlu diadakannya penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang di tetapkan. Yaitu melalui mekanisme akreditasi. Hal tersebut juga dinilai dari tiga kelompok pelayanan meliputi Kelompok pertama ,Administrasi dan manajemen yang diuraikan dalam. Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas (PPP),Kepemimpinan Manajemen Puskesmas (KMP) dan Peningkatan Mutu Puskesmas (PMP).

Kelompok kedua, Upaya Kesehatan Masyarakat ( UKM ) yang diuraikan dalam, Upaya Kesehatan Masyarakat yang Berorientasi Sasaran ( UKMBS),Kepemimpinan dan Manajemen Upaya Kesehatan Masyarakat ( KMUKM),Sasaran Kinerja Upaya kesehatan masyarakat.

Kelompok Ketiga Upaya kesehatan perseorangan yang diurakan dalam, Layanan Klinis yang berorientasi Pasien (LKBP),Manajemen Penunjang Layanan Klinis (MPLK) dan Peningkatan Mutu Klinis dan Keselamatan Pasien (PMKP).

Adriana Maharani Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes kabupaten Nganjuk menuturkan” Penekanan dalam acara workshop tersebut adalah berkaitan mutu pelayanan puskesmas dan akreditasi puskesmas berdasarkan permenkes no 46 th 2015 yang meliputi cara mengaudit kinerja semua layanan, sarana prasarana dan sumber daya manusianya. acara ini mengundang 120 peserta terdiri dari 6 Orang perwakilan dari setiap Puskesmas se-Kabupaten Nganjuk.”UngkapnyaSaat ditemui Suara Media Nasional.co.id sebelum acara hari kedua dimulai 24/11/17.(Ian/Rmb)

post-top-smn

Baca berita terkait