Saturday, 23 February 2019

Dinas PU Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Blitar Maksimalkan Pembangunan Infrastruktur Irigasi di Tahun 2015

post-top-smn

Blitar PU1

Blitar, SMN – Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas awal pelaksanaan program oleh Pemerintah Kabupaten Blitar tahun 2015,kali ini melalui Dinas PU Bina Marga dan Pengairan yang rencananya akan membangun saluran lingkar lapangan yang tepatnya berada di DesaWonorejo Kecamatan Talun.

Pembangunan saluran lingkar lapangan ini merupakan langkah konkrit pemerintah Kabupaten Blitar untuk mendukung peningkatan infrastruktur dimana pembangunan lingkar apangan ini sangat di harapkan oleh masyarakat sekitar. Dengan melibatkan dukungan dan kerja sama diharapkan akan sesuai dengan keperuntukan dan kemanfaatannya bagi masyarakat nantinnya.

Edi Susanto. ST, MT selaku Kabid Operasional dan Pemeliharaan Irigasi mengatakan dalam proses pembangunan saluran lingkar lapangan yang ada di Desa Wonorejo Kecamatan Talun ini bertujuan agar saluran air di sekitar lapangan tidak mengalami penyempitan dan pendangkalan di karenakan pada waktu musim penghujan debet air terlalu besar yang mengakibatkan membawa sedimen yang masuk kesaluran air.

Blitar PU2

Maka nantinya akan di adakan normalisasi dengan cara memasang dengan batu kali. Apalagi kondisi alam akhir-akhir ini yang tidak menentu,Misalnya saja saat hujan deras hingga mengakibatkan banjir yang membuat jaringan irigasi rusak,Khusus untuk normalisasi ini dilakukan dengan harapan untuk memperlancar aliran irigasi saat terjadi limpahan air. Sehingga pembangunan saluran lingkar lapangan tersebut dapat mampu menampung air sesuai dengan fungsinya.

Tidak hanya itu saja dengan di bangunnya saluran lingkar lapangan ini di harapkan agar air irigasi yang mengaliri persawahan warga masyarakat DesaWonorejo seluas sekitar 112 Ha ini dapat terairi secara lancar serta mampu meningkatkan hasil produksi pertanian masyarakat di Desa Wonorejo KecamatanTalun.

Terkait dengan rencana pelaksanaan proyek tersebut, Dinas PU Bina Marga dan Pengairan Pemkab Blitar di harapkan agar nantinya melakukan pengawasan secara maksimal. Sehingga kualitas bangunan bisa bagus dan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.Selain dari pejabat Dinas PU Bina Marga dan Pengairan, pengawasan ini juga harus melibatkan konsultan dari pihak swasta. Hal ini sebagai upaya agar pengawasan benar-benar terlaksana secara maksimal. (mam/adv)

 

Rp1.500.000

post-top-smn

Baca berita terkait