Sunday, 27 May 2018

Dinas Peternakan Kabupaten Jombang Salurkan Bantuan Coper

post-top-smn
Mesin Coper diangkut oleh salah satu kelompok peternak dibawah pengawasan staf Dinas Peternakan Kabupaten Jombang.

Mesin Coper diangkut oleh salah satu kelompok peternak dibawah pengawasan staf Dinas Peternakan Kabupaten Jombang.

Jombang, SMN – Dalam upayanya membantu para Peternak Hewan, terutama Peternak yang sudah bergabung dalam kelompok. Dinas Peternakan Kabupaten Jombang menyalurkan bantuan Coper atau mesin mencacah rumput dan daun pakan ternak. Bantuannya diberikan ke 4 Desa dilingkup Kabupaten Jombang. Dan diterima langsung oleh Ketua Kelompok Peternak yang sudah ditunjuk oleh Kepala Desa dari masing-masing Desa yang menerima bantuan tersebut.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang Ir. Jupri mengatakan, mekanisme penerima bantuan Coper adalah pengajuan dari Kepala Desa. Hal itu dasarnya adalah hasil Musrenbang yang diadakan oleh Desa, kemudian dilanjutkan ketingkat Kecamatan dan diteruskan ketingkat Kabupaten. “ Jadi pihak Dinas hanya menyalurkan saja atas pengajuan dari Kepala Desa, ” ujarnya ketika ditemui diruang kerjanya Selasa 2/11 lalu.

Ia menjelaskan lebih lanjut, mesin coper kegunaannya untuk membantu peternak supaya dalam memberikan pakan terhadap ternaknya bisa lebih efisien. Dan pakan yang telah dicacah kecil-kecil itu akan memudahkan ternak ketika mengunyah makanannya. Selain itu dapat membantu para Peternak untuk menghemat tenaga mereka. Karena dengan adanya mesin tersebut para peternak tidak memerlukan tenaga ekstra untuk mencacah rumput atau daun apa saja untuk pakan ternak mereka.

Kepala Dinas Peternakan itu juga menjelaskan bahwa dana yang digunakan untuk pengadaan Coper berasal dari PID ( Pagu Inisiative Desa ) sumbernya dari Dana APBD Jombang. dan bantuan tersebut sifatnya bantuan berlanjut artinya pengadaan mesin itu akan tetap disalurkan kepada Desa yang mengajukan ke Dinas Peternakan. Namun bukan hanya bantuan Coper saja yang disalurkan setiap Tahun oleh Dinas Peternakan Jombang, selain itu, juga memberikan bantuan hewan ternak berupa Kambing dan Domba.

Untuk itu dihimbau kepada para penerima bantuan agar mesin itu digunakan seoptimal mungkin, tapi juga harus dilakukan perawatan dan pemeliharaan secara kontinyu jangan sampai mesin itu rusak atau hilang akibat keteledoran pemakainya. Tandas Kepala Dinas.

Namun sayang hingga berita naik cetak, wartawan koran ini belum mendapat konfirmasi lebih lanjut mengenai besaran dana untuk pengadaan mesin coper perunitnya dan ke Desa mana saja bantuan dari Pemerintah Daerah itu disalurkan. Sebab Kepala Bidang yang mengurusi dana PID itu belum dapat dihubungi. (tim)

post-top-smn

Baca berita terkait