Wednesday, 23 May 2018

Dinas Peternakan Kabupaten Blitar Gelar Kontes Kambing Ettawa

post-top-smn

Blitar Kontes

Blitar, SMN – Untuk meningkatkan populasi ternak kambing PE atau Kambing Ettawa, Dinas Peternakan Kabupaten Blitar menggelar kontes kambing ettawa (25/2) yang diadakan di pasar hewan srengat acara ini di gelar juga untuk menggenalkan pasar srengat yang baru di bangun beberapa waktu lalu

Acara kontes kambing etawa ini diikuti tidak kurang dari tiga ratus ekor kambing dari seluruh Jawa Timur. Kelas yang lombakan berbagai kategori. Mulai dari kategori kelas pejantan; pejantan unggul dan calon pejantan serta kelas induk terdiri dari kategori kelas indukan unggulan dan calon induk. Sedangkan kriteria penilaian terdiri dari postur tubuh, panjang telinga, warna bulu, bentuk kepala, ekor, leher, kaki dan tanduk.

Kontes yang baru pertama kali digelar ini menurut Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Blitar Mashudi, selain mendorong populasi ternak kambing ettawa yang merupakan hasil peranakan kambing jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia, juga untuk memenuhi stok daging di Kabupaten Blitar.

Tidak hanya itu beliau juga mengatakan bahwa maksud serta tujuan diadaknnya kontes ini adalah untuk mempromosikan produk Kabupaten Blitar salah satunya adalah kambing ettawa,serta untuk memfasilitasi para petani peternak agar terdongrak nilai jualnya sehingga kesejahteraan para petani bisa tercukupi.

Diharapkan dengan kontes kambing etawa ini mampu mengangkat peternak kambing terutama di Kabupaten Blitar. Mengingat selama in belum banyak peternak yang mengkhususkan diri pada kambing etawa. Jika sering diadakan kontes seperti ini, bukan tidak mungkin perkembangan kambing etawa akan lebih baik dan menggembirakan karena nantinnya acara seperti ini bakal di gelar tiap 2 bulan sekali dan di harapkan akan lebih banyak lagi peserta yang mengikuti kontes kambing ettawa ini. (mam)

post-top-smn

Baca berita terkait