Sunday, 20 May 2018

Di Jombang, 56 Ribu Unit Kendaraan Tak Lunasi Pajak

post-top-smn
Ilustrasi

Ilustrasi

Jombang, SMN – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendapatan (Dipenda) Jawa Timur di Jombang, mencatat sedikitnya 56.000 unit kendaraan bermotor (ranmor) belum melunasi pajak. Sedangkan jumlah keseluruhan kendaraan di Kabupaten Jombang mencapai 525.000 unit.

“Penunggak pajak didominasi kendaraan bermotor roda dua,” ujar Kepala Bidang Penagihan UPT Dipenda Jatim di Jombang, Arifin, Selasa (8/11).

Arifin menjelaskan, berbagai alasan yang dikemukakan oleh wajib pajak pemilik kendaran menunggak pajak ranmornya. Mulai dari beralasan lupa membayar pajak, ada pula beralasan kendaraan dicabut oleh dialer atau leasing serta dikarenakan pula usia kendaraan yang sudah tua.

“Di pinggiran wilayah Kabupaten Jombang banyak yang enggan membayar pajak kendaraan dengan alasan kendaraan hanya dipakai untuk ke sawah. Selain itu, usia kendaraannya juga sudah tua,” jelasnya.

Dikatakan Arifin, berbagai upaya sudah dilakukan pihaknya guna menyadarkan masyarakat untuk tertib dalam membayar pajak kendaraan bermotor miliknya. Di antaranya dengan mengirimkan surat tagihan pajak kepada pemilik kendaraan.    Bahkan pihaknya mengaku juga memgirimkan pesan singkat (SMS) kepada pemilik kendaraan, berisi pemberitahuan tentang batas waktu pembayaran pajak bagi kendaraan miliknya.(ris/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait