Thursday, 16 August 2018

Dewan Pers Terus Dorong Pers Daerah yang Profesional

post-top-smn

 

wartawan SMN berkunjung ke dewan Pers.

Jakarta, SMN – Dewan Pers akan terus mendukung tumbuhnya pers di daerah yang profesional. Pers daerah juga menjadi salah satu sumber informasi yang dibutuhkan masyarakat di daerah mengingat tidak semua peristiwa daerah bisa mengisi pemberitaan media arus utama.

Namun, pertumbuhan pers daerah harus tetap memegang standar perilaku dan profesionalisme yang ditetapkan dewan pers. “Pers daerah silakan tumbuh dan berkembang, namun tetap profesional dengan menjunjung kode etik jurnalistik, keberadaan wartawan yang memiliki kompetensi serta perusahaan media terverifikasi,” ujar Yosep Adi Prasetyo, Ketua Dewan Pers saat menanggapi pertanyaan wartawan SMN mengenai pers daerah.

Verifikasi perusahaan pers dilakukan Dewan Pers yakni dengan verifikasi administrasi dan faktual. Sementara peningkatan profesionalisme wartawan dengan uji kompetensi terus dilakukan melalui lembaga-lembaga penguji yang sudah ada.

Beberapa wartawan SMN mengikuti lokakarya jurnalistik LPDS di Jakarta (16/7). Selain itu juga berkunjung ke Dewan Pers yang diterima Hartono, bidang pendidikan Dewan Pers. Hartono menyatakan saat ini penanganan terbanyak yang dilakukan Dewan Pers adalah pengaduan masyarakat.

Dewan Pers sampai saat ini juga terus melakukan verifikasi faktual perusahaan pers, demi tegaknya pers yang profesional.

Verifikasi faktual yang dilakukan Dewan Pers, misalnya berkaitan dengan bukti-bukti kelengkapan adminsitrasi, keberadaan kantor yang representatif, standar kesejahteraan wartawan dan standar kecakapan wartawan yang dibuktikan dengan uji  kompetensi wartawan.

PT Suara Media Nasional juga diakui Dewan Pers merupakan salah satu perusahaan pers yang sudah terverifikasi administrasi dan saat ini sedang menunggu untuk diverifikasi faktual oleh dewan pers. (ari)

 

 

post-top-smn

Baca berita terkait