Monday, 15 October 2018

DENGAN KEBERADAAN UMKM, TIDAK AKAN MENGALAMI KRISIS MONETER

post-top-smn

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), akan mampu menekan angka pengangguran. Hal itu, disampaikan Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si. saat beraudiensi dengan Forum UMKM Lumajang, di Ruang Mahameru, Kantor Bupati Lumajang, pada Rabu siang (10/10).

LUMAJANG, Suaramedianasional.co.id – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), akan mampu menekan angka pengangguran.  Hal itu, disampaikan Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si.  saat beraudiensi dengan Forum UMKM Lumajang, di Ruang Mahameru, Kantor Bupati Lumajang, pada Rabu siang (10/10).

Bunda Indah menyambut baik audiensi tersebut, karena hal itu penting untuk mengurangi angka pengangguran. “Saya menyambut baik ketika teman-temen UMKM mengajukan audiensi. Melalui temen-temenlah kita bisa mengendalikan pengangguran, karena memang dibutuhkan kreatifitas, tentunya juga memerlukan peran aktif pemerintah,” ujar Bunda Indah mengawali Audiensi.

Bunda Indah menyampaikan, bahwa Gubernur Jawa Timur, Pakde Karwo pernah mengatakan, “Jawa timur tidak akan mengalami krisis moneter, karena keberadaan UMKM di Jawa Timur.” Oleh karena itu, untuk membantu peningkatan kapasitas UMKM, Pemkab Lumajang akan berperan aktif, mulai dari menyediakan pelatihan, memberikan bantuan pinjaman modal dan pemasaran. Pemerintah harus benar melakukan kegiatan yang memiliki hasil nyata untuk masyarakat, agar dana yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Bunda Indah memberikan kesempatan kepada para UMKM untuk melakukan pertemuan kembali, guna memantau perkembangan UMKM di Lumajang. “Kita akan ketemu terus, saya akan pantau perkembanganya, harus ada perubahan yang lebih baik terutama peningkatan omset,”  ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Forum UMKM Lumajang, Hakim mengungkapkan, dengan adanya audiensi, maka pelaku UMKM tetap bisa menjaga komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang. “Kami pelaku UMKM berharap, agar terjadi kesinambungan, sebagai pilar komunikasi kami dengan pemerintah, sehingga ada solusi setiap ada permasalahan yang dihadapi,” papar Hakim.

Ia melaporkan, sampai saat ini ada sekitar 60 anggota tetap di Forum UMKM Lumajang. Sejauh ini, kegiatan yang sudah sering diikuti, yaitu berpartisiapasi di setiap even bazar yang diselenggarakan Pemkab Lumajang ataupun pihak lain. (Tiek).

post-top-smn

Baca berita terkait