Wednesday, 19 December 2018

Dengan Dana Desa Pembangunan Infrastruktur Akan Lebih Baik

post-top-smn
Kepala Desa Tulungrejo, Budi Santoso

Kepala Desa Tulungrejo, Budi Santoso

Blitar, SMN – Terkait dengan pengelolaan Dana Desa  di harapkan supaya dana tersebut bisa dikelola dengan cara yang tepat dan kreatif untuk memajukan desa. Tiap kepala desa harus punya kreatifitas untuk menyelenggarakan usaha dan kegiatan yang produktif. Dengan dana yang besar, di harapkan nantinya  pembangunan bisa lebih maksimal sehingga anggaran untuk desa ini memberikan dampak yang bagus terhadap pembangunan secara menyeluruh, Kades harus bisa kreatif untuk memajukan perkembangan desa dan harus menciptakan sesuatu hal yang berbeda untuk kemajuan.

Pemerintah Desa Tulungrejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar mengalokasikan Dana Desa tahun 2017 untuk pembangunan sarana dan prasarana, untuk infrastruktur sebanyak 7 titik diantaranya untuk pembangunan rabat, telford, plengsengan dan TPT dan pemberdayaan masyarakat yang nantinya akan diadakan pelatihan menjahit dan pembuatan pupuk kompos. sejak pemerintah pusat menggulirkan bantuan dana desa ke setiap desa, pemerintah desa memprioritaskan pembangunan jalan rabat. Pembangunan jalan tersebut bertujuan mempermudah akses masyarakat dalam melakukan aktivitas.Jalan tersebut tadi hanya berupa jalan tanah yang digunakan untuk transportasi masyarakat. Bahkan, jalan itu masih labil dan sering air menggenang saat turun hujan. Sebagian ada yang licin kalau dilalui sepeda motor.

Budi Santoso selaku Kepala Desa Tulungrejo, Kecamatan Wates Kabupaten Blitar menyampaikan Infrastruktur memegang peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Keberadaan infrastruktur yang memadai sangat diperlukan. Sarana dan prasarana fisik, atau sering disebut dengan infrastuktur, merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pelayanan masyarakat.

Dengan penggunaan Dana Desa dipergunakan untuk infrastruktur itu diharapkan dapat memperlancar mobilitas perekonomian masyarakat desa setempat.”Saya sangat senang, penggunaan Dana Desa di desa tulungreo ini sudah dapat dinikmati masyarakat sekitar. Saya berharap ini dapat meningkatkan  laju perekonomian desa ini, mengingat potensi ekonomi masyarakatnya yang sangat luar biasa, semoga pemerintah desa tulungrejo mampu melanjutkan pembangunan yang dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat melalui Dana Desa”ujarnya. (mam/adv)

post-top-smn

Baca berita terkait