Thursday, 21 March 2019

Deklarasi Lamar Jadi Wagub, Kanang Banjir Dukungan Warga Ngawi

post-top-smn
Perwakilan Kades di Ngawi membawa spanduk dukungan untuk Kanang maju dari Wagub Jawa Timur mendampingi Gus Ipul

Perwakilan Kades di Ngawi membawa spanduk dukungan untuk Kanang maju dari Wagub Jawa Timur mendampingi Gus Ipul

Ngawi, SMN – Ada yang berbeda dengan situasi politik di Ngawi seiring dengan makin dekatnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, 2018 mendatang. Bupati Ngawi, Ir. H Budi Sulistyono alias Kanang, termasuk salah satu yang ikut melamar untuk bisa menjadi pemimpin di level Jawa Timur.

Setelah mengambil dan mengembalikan formulir pendaftarannya, Kanang, pada kesempatan Halal Bihalal di rumah dinas Sekkab Ngawi, Sodiq Tri Widianto, mengakui bahwa dirinya berharap untuk bisa dipasangkan dengan Gus Ipul, sapaan akrab Syaifullah Yusuf, Wakil Gubernur yang masih menjabat saat ini. “Wacana sudah ada sejak 2016 namun baru bulan Juni lalu mengambil formulir,” katanya.

Menurut Kanang, semula dia juga kurang berani tampil di ajang Pilkada Jawa Timur. Namun, banyaknya dukungan dan juga sinyal yang diberikan oleh Gus Ipul sendiri, dirinya pun yakin untuk meminta rekomendasi dari PDI Perjuangan. “Saya ini Ketua PDI Perjuangan Ngawi, saya tidak akan maju dalam perhelatan politik apapun tanpa restu dari partai,” ujarnya.

Kanang mengaku, dia hendak mendampingi Gus Ipul sebagai wakil gubernur karena berharap duet mereka berdua bisa mempertahankan Jawa Timur sebagai daerah maju namun tetap lestari budayanya dan terjamin kehidupan beragama warganya. “Gus ipul sudah jelas basisnya santri, sementara daerah mataraman yakni sekitar Madiun, Magetan, Ngawi, dan sebagainya, basis budayanya kuat sekali,” ungkapnya.

Walaupun rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan belum turun, namun Kanang yang juga kerap disapa Mbah Kung ini sudah mendapatkan dukungan yang tidak sedikit. Jajaran kepala desa di Ngawi menyatakan dukungan mereka pada Kanang untuk berani maju ke Jawa Timur. Mereka bahkan berani membawa spanduk berisi dukungan penuh untuk Kanang macung sebagai wagub. “Jangan takut Pak Kanang, kami warga Ngawi siap memilih Mbah Kung untuk bisa digandeng Gus Ipul dan memimpin Jawa Timur,” ungkap Siswasi, Kades Kersoharjo yang didapuk sebagai koordinator.

Kanang sendiri berterimakasih atas semua dukungan masyarakat, namun dia hanya akan melanjutkan tekadnya maju sebagai Wagub Jatim saat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan turun untuk mengutus dirinya. Dalam pertarungan memperoleh restu Megawati, Ketua Umum PDI Perjuangan, Kanang bersaing dengan Ketua DPD Jawa Timur, Kusnadi, yang juga melamar menjadi wagub. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait