Saturday, 23 March 2019

DALAM SELAMATAN BUKA GILING 2018, PG JATIROTO BERHARAP TARGET TERPENUHI

post-top-smn

LUMAJANG, SMN – PTPN XI Pabrik Gula (PG) Jatiroto menyelenggarakan acara selamatan Giling dalam rangka Buka Giling 2018, di Gedung Graha Saksana Wisma (GSW) PG Jatiroto, pada Rabu (9/5), yang dihadiri oleh segenap karyawan dan tokoh masyarakat Lumajang, Jawa Timur.

Selamatan Buka Giling tahun ini bertema “Jujur Dalam Bekerja, Tulis Mengabdi, Ikhlas Untuk Berkarya” kita sukseskan Giling 2018.

General Manager (GM) PG Jatiroto, Agoes Noerwidodo menjelaskan, bahwa sejak didirikannya PG Jatiroto ini, pemerintah terus berupaya untuk melakukan pengembangan dan peningkatan hasil produksi.

Menurut Agoes, ketersediaan bahan dari pertanian tebu merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi PG Jatiroto dalam meningkatkan produksi gula untuk dikonsumsi masyarakat.

Melalui Humas PG Jatiroto, Hafid kepada sejumlah media menyampaikan, bahwa pabrik ingin memberikan pengembangan produksi gula yang semakin besar.

“Hal itu akan dilakukan bertahap, pada tahun 2018 pembesaran kapasitas sekitar 8.000 ton, baru pada tahun berikutnya akan ada pembesaran kembali,” ucapnya seusai acara.

Dikatakan Hafid, bahwa pihaknya juga membutuhkan bahan baku dari lahan pertanian tebu khususnya di Kabupaten Lumajang.

“Saat ini target giling tahun 2018 adalah sekitar 950 ribu ton tebu dan gula total 75 ribu ton. Dan itu gabungan milik petani sekitar 26 ribu ton dan milik PG 49 ribu ton,” paparnya.

Menurut Hafid, hal ini dilakukan agar pabrik gula tidak mengalami masalah dan kerugian yang disebabkan berkurangnya bahan baku. Disamping itu juga untuk memberikan keuntungan bagi petani.

“Semoga PG Jatiroto ini memberikan manfaat bagi masyarakat, salah satunya meningkatkan perekonomian dan mengembangkan hasil pertanian tebu di Kabupaten Lumajang. Semoga PG ini semakin meningkat dan semakin maju kedepannya,” ujarnya lagi.

Selamatan Giling dalam rangka Buka Giling 2018 ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh GM PG Jatiroto, dan dilanjutkan dengan makan bersama. (Atk)

post-top-smn

Baca berita terkait