Monday, 19 November 2018

Cemari Sungai, Pabrik Multi Dimensi Indonesia Ternyata Tak Punya Izin

post-top-smn
Ilustrasi - Pencemaran Sungai

Ilustrasi – Pencemaran Sungai

Surabaya, SMN – Pabrik percetakan gambar kertas karton, PT Multi Dimensi Indonesia yang telah mencemari Kali Surabaya pada tanggal 15 Desember 2016 ternyata tak memiliki izin lingkungan. Hal itu diketahui usai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jatim memanggil perwakilan pabrik yang sudah beroperasi di wilayah Gresik tersebut lebih dari tiga tahun.

“Saat kita panggil akhir Desember lalu perwakilan perusahaan yang hadir di kantor (DLH Jatim) belum membawa cukup izin. Hanya masih sebatas cerita saja. Setelah kami klarifikasi, untuk perizinan menjadi kewenangan Pemkab Gresik,” kata Kabid Penaatan Lingkungan DLH Jatim, Uda Haripantjoro, Rabu (4/1).

Untuk itu, pihaknya juga mengundang perwakilan Pemkab Gresik melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Gresik. “Untuk itu diputuskan tindak lanjutnya diserahkan ke BLH Gresik untuk diberikan surat peringatan agar segera dilakukan perbaikan dan mengurus seluruh ketentuan izin lingkungannya,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, sedianya pabrik yang berlokasi di wilayah perbatasan dengan Sidoarjo tersebut sempat beroperasi dan memiliki pabrik di wilayah berbeda. “Kalau dulu ada di wilayah Gresik juga dan kabarnya sudah berizin. Namun karena lokasinya berbeda maka izinnya juga harus ada yang baru, bukan pake izin di lokasi yang lama,” tegasnya.

Dari pantauan JNR pada saat sidak Tim Patroli Iar Terpadu, PT Multi Dimensi Indonesia diketahui membuang limbah cair berwarna ungu di Kali Surabaya. Dari temuan itu, tim mengambil sampel limbah cair berwarna ungu tersebut untuk diujikan di laboratorium Perum Jasa Tirta (PJT) I.

Dari hasil uji lab sementara di lokasi yang diambil pukul 13:05 WIB, limbah PT Multi Dimensi Indonesia diketahui memiliki kadar pH 7,20 dan suhu 29,6OC. Selanjutnya, tim pun melakukan sidak ke lokasi pabrik yang Lokasi pabrik berada di wilayah Jalan Raya Legundi, Kab Gresik. (afr)

post-top-smn

Baca berita terkait