Tuesday, 12 December 2017

Bupati Ngetril, Nyalakan Listrik Warga Desa Sumberaji Kecamatan Kabuh

post-top-smn

Bupati Jombang Wabup Jombang

Jombang, SMN Rasa syukur tiada henti terucap dari masyarakat Desa Sumberaji Kecamatan Kabuh,sesaat setelah Bupati Nyono Suharali meresmikan listrik di desa tersebut pada Rabu (11/2/15) malam. Hal ini karena Sudah puluhan tahun lamanya mereka menanti untuk mendapatkan penerangan listrik. Kini, penantian itu terobati karena sekitar 97 rumah atau KK yang ada di desa tersebut akhirnya bisa menikmati fasilitas saluran listrik yang secara gratis diberikan oleh pemerintah daerah. Praktis, warga pun tidak bisa menyembunyikan kegembiraan yang kini mereka nikmati itu.

Tidak seperti biasa ketika melakukan kunjungan dinas, kali ini bupati tidak menggunakan kendaraan dinasnya. Untuk mendatangi lokasi Desa Sumberaji yang jaraknya kurang lebih 30 Km dari pusat kota, Bupati Jombang mengendarai sepeda motor sport jenis trail yang diikuti Jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) bersama dengan seluruh pejabat Pemkab Jombang yang kesemuanya menggunakan sepeda motor jenis trail.

Sesaat setelah meresmikan listrik tersebut, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko menjelaskan, kendala saluran listrik masuk di dusun ini adalah terkait perizinan. Bupati memberi gambaran, sulitanya izin pemasangan saluran listrik tersebut karena letaknya di tengah hutan. Jika saluran listrik di pasang, lanjutnya ,maka terkendala dengan kebijakan penebangan pohon.

“Sebenarnya izin untuk program saluran listrik di Dusun Ngapus ini sudah disodorkan beberapa tahun yang lalu. Berhubung letaknya yang tidak mendukung, maka proses keluarnya izin ini baru keluar beberapa bulan yang lalu. Alhamdulillah, dengan dicanangkan saluran listrik ini, warga Desa Sumberaji bisa menikmati fasilitas gratis ini,” kata Bupati Nyono Suharli.

Bupati Nyono Menambahkan, anggaran APBD Jombang yang terserap untuk saluran listrik secara gratis ini mencapai sekitar Rp 380 juta. Rinciannya, dana sebesar itu untuk saluran listrik sebanyak 232 KK. Jumlah sebanyak itu tersebar di 4 kecamatan, yakni Plandaan, Wonosalam, Bareng, dan Kecamatan Kabuh.

“Di Desa Sumberaji, Kabuh ini terdapat 97 rumah atau KK. Selebihnya menyebar di tiga kecamatan lain. Pemkab Jombang menargetkan, rumah-rumah yang belum tersaluri listrik tersebut akan dirampungkan pada tahun ini,” tandas Nyono.

Didampingi Wakil Bupati dan Sekda yang juga hadir pada peresmian itu, Bupati mengatakan setelah program saluran listrik ini di Desa Sumberaji ini rampung, Pemkab Jombang akan beralih untuk pembangunan program infrastruktur. Bupati mengatakan, anggaran yang bakal digelontorkan untuk pembangunan infrasturktur jalan di Kecamatan Kabuh mencapai Rp 31 milyar.” karena kondisi tanah di Kecamatan Kabuh yang bergerak, maka seluruh ruas jalan akan dilakukan dengan cara pengecoran jalan”, katanya.

Sedangkan untuk menunjang produktivitas hasil petani di Desa tersebut khususnya Dusun Ngapus,Bupati Nyono Suharli tidak lupa untuk menyerahkan bantuan berupa Hand traktor yang diterima secara simbolis oleh perwakilan kelompok tani Dusun Ngapus.

post-top-smn

Baca berita terkait