Sunday, 27 May 2018

Bupati Madiun Mendapat Anugerah Dana Rakca 2016

post-top-smn
Bupati Madiun mendapat anugerah Dana Raksa Tahun 2016 dari Pemerintah Pusat diserahkan oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution

Bupati Madiun mendapat anugerah Dana Raksa Tahun 2016 dari Pemerintah Pusat diserahkan oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution

Madiun, SMN – Bertempat di Gedung Dhanapala Kompleks Kementiran KeuanganRepublik Indonesia di Jakarta Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos menerima Anugerah Dana Rakca Tahun 2016 dari Pemerintah Pusat yang diserahkan langsung oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution. Hadir dalam kesempatan ini Menteri Dalam Negeri Menteri Perencaaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas, Wakil Menteri Keuangan, Pejabat Eselon I Kementrian Keuangan. Kepala Daerah Gubernur, Bupati Walikota yang hadir penerima Anugerah Dana Raksa.

Dirjen Perimbangan Keuangan Budiarso Teguh Widodo menjelaskan, bahwa daerah yang menerima Agunerah Dana Raksa pada hari ini adalah daerah penerima Dana Insentif Daerah (DID) tahun 2016. Pada tahun 2017 alokasi DID diberikan kepada 317 daerah terdiri atas 21 propinsi 232 kabupaten dan 64 kota. Dari jumlah tersebut terdapat 83 daerah yaitu 6 propinsi 65 kabupaten dan 12 kota yang telah memenuhi kriteria utama dan sekaligus berkinerja baik didalam kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah dalam penyediaan layanan dasar publik serta dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan.

Kriteria utama daearah yang menerima DID dan Anugerah Dana Rakca tahun 2016 adalah 1. Opini BPK atas Laporan Keuangan Daerah (LKPD) sekurang-kurang Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atau Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).dan 2, Penetapan Pera APBD yang tepat waktu, Daerah yang memenuhi kriteria tersebut diberikan DID minimal sebesar 7,5 Milyar Rupiah per daerah. Sedangkan penilaian kinerja daerah dimaksud menggunakan 3 indikator utama yaitu : pertama Indikator kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah yang mencakup 11 parameter. Kedua Indikator kinerja layanan dasar pubik yang mencakup 7 parametar (kesehatan, pendidikan dan sanitasi dan air minum). Ketiga indikator kinerja ekonomi dan kesejahteraan yang mencakup 4 parameter yaitu pertumbuhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, penurunan angka pengagguran dan pengendalian inflasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa jika dibandingkan dengan peranan investasi swasta peranan pemerintah mungkin bukan yang terbesar secara rata-rata, tetapi kalau dilihat daerah per daerah maka akan ada sejumlah daerah yang peranan anggaran pemerinthnya justru paling besar dalam menggerakkan ekonomi daerahnya. Untuk sangat diperlukan peranan seorang Kepala Daerah untuk menggundang dan menggerakkan swasta dalam menjalankan perekonomian di daerahnya masing-masing.

Disampaikan pula, bahwa pada hari ini Presiden RI telah menyerahkan DIPA tahun 2017 kepada sejumlah Menteri dan Gubernur, Buku alokasi dana transfer ke daerah dan Dana Desa kepada seluruh Gubernur dan juga penganugerahan Dana Rakca Tahun2016 kepada daerah yang berkinerja baik. Acara seperti ini sangat bagus untuk berbagi pengalaman dari masing-masing daerah dalam beberapa hal. Ditambahkan, bahwa semua kriteria yang digunakan dalam penilaian adalah kriteria teknis yang pada akhirnya yang paling menentukan adalah bagaimana seorang kepala daerah mampu mendorong jalannya ekonomi dan mengundang investasi dan mengkombinasikannya. Pilih apa yang sebaiknya dikerjakan seorang pemerintah daerah dan apa sebaiknya diundang swasta. Jangan paksakan menggunakan dana APBD yang besar-besar untuk kegiatan yang bisa membuat swasta tertarik sehingga bisa melahirkan dampak optimal dari APBD itu sendiri.

Untuk itu kepada Kepala Daerah yang menerima anugerah Dana Rakca ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas prestasi yang diperoleh daerah, dan semoga penghargaan yang diterima hari ini bisa memberiakan motivasi dan inspirasi untuk meningkatkan kinerja demi kesejahteraan masyarakat.

Atas diraihnya Anugerah Dana Rakca tahun 2016 dari Pemerintah Pusat ini Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun khususnya dalam menyusun Laporan Keuangan Daerah (LKPD) Kabupaten Madiun. Ini merupakan buah kerja keras seluruh komponen pemerintah daerah Kab. Madiun. Untuk itu Bupati H. Muhtarom, S.Sos juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh komponen yang telah bekerja keras dalam manyajikan Laporan Keuangan Daerah Kab. Madiun. Diharapkan kedepannya akan lebih baik lagi dan akan terus mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat seperti yang diterima pada hari ini. (Sy)

post-top-smn

Baca berita terkait