Friday, 25 May 2018

Bupati Ipong Apresiasi dan Dampingi Group Reyog Ponorogo Tampil di Jepang

post-top-smn

Bupati Ipong saat menyerahkan cinderamata berupa reyog mini kepada Walikota Hirosima Jepang dan didampingi KBRI di Jepang

Ponorogo, SMN – Demi memajukan dan memperkenalkan seni budaya dan pariwisata Ponorogo khususnya seni Reyog untuk lebih mendunia lagi, Bupati Ponorogo H Ipong Muchlissoni sangat mengapresiasi dan mendampingi grup reyog Ponorogo tampil di Jepang.

Keberangkatan grup reyog Ponorogo kali ini atas undangan walikota Hirosima peringatan 60 tahun hubungan Diplomatik Indonesia dan Jepang. Selain di Hirosima reyog Ponorogo juga tampil di Fukuoka.

Dalam sambutannya Bupati Ipong menyampaikan dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung seni Reyog Ponprogo bisa tampil di Jepang.

“Saya mendampingi grup reyog Ponorogo ke Jepang atas undangan walikota Hiroshima sebagai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia Jepang. Ada dua even besar yang digelar saat ini yaitu Hiroshima Flower Festival dan Hakata Dontaku Festival. Tentu saja momen ini sangat baik untuk promosi reyog Ponorogo agar lebih dikenal dunia. Buktinya masyarakat Jepang sangat antusias menyaksikan reyog. Bahkan walikota Fukuoka berjanji akan mengajak warganya berkunjung ke Ponorogo, “terang bupati Ipong.

Sementara itu menurut Plt kepala dinas Pariwisata Ponorogo, Sapto Djatmiko, giat tersebut untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang, reog khas Ponorogo diundang tampil di Negeri Sakura dan Kesenian tradisional yang sempat diakui oleh negara lain telah tampil dalam dua festival, yaitu Hiroshima Flower Show Festival dan Hakata Dontaku Festival di Fukuoka, terangnya. “Reog kami diundang oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Jepang, semua pemain reyog, jathil dan kru yang berangkat ke Jepang memang pilihan agar tidak mengewakan undangan dan reyog Ponorogo yang tampil di Jepang merupakan suatu kehormatan yang tidak boleh disia-siakan, ” Pungkas Sapto Djatmiko.

Giat berjalan aman dan kondusif begitu pula dengan antusias masyarakat Jepang yang luarbiasa. Mereka heran dan takjub melihat kesenian reyog yang unik dan atraktif. (Wied/Adv/Hms)

post-top-smn

Baca berita terkait