Friday, 19 April 2019

Bupati Inginkan Kondisi Lumajang Tetap Aman

post-top-smn

Lumajang, SMN – Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., membuka Bimbingan Tehnis Komunikasi Intelejen Daerah Kabupaten Lumajang, di Aula Hotel Prima, Jum’at (26-1-2018).  Beliau berharap, agar masalah yang berkaitan dengan hal yang sensitive, hendaknya diinformasikan secara akurat.

Bimbingan Teknis Komunitas Intelijen Daerah tersebut dilaksanakan dalam rangka mempercepat pelaporan perkembangan informasi IPOLEKSOSBUD TRANTIBUM di wilayah Kabupaten Lumajang tahun 2018.

Masalah yang sensitive yang dimaksud, antara lain tentang pertambangan pasir. Untuk itu, bupati meminta informasi yang masuk hendaknya akurat. Meskipun saat ini masalah pasir sudah menjadi wewenang Pemerintah Provinsi, namun Pemerintah Kabupaten Lumajang juga berkewajiban menjaga stabilitas sosial yang ada di lingkungan pertambangan. Beliau juga menyampaikan bahwa pertambangan pasir di Kabupaten Lumajang saat ini sudah mulai tertib, baik pengurusan ijin maupun pajaknya.

Menurut Bupati, potensi konflik tentang pertambangan pasir,  bisa terjadi kapan saja, hal tersebut harus segera ditangani sebagai bentuk pencegahan. . Segala potensi konflik bisa datang melalui komunikasi, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Hal ini menuntut para petugas untuk bisa mempelajari situasi di media sosial. “Apalagi sekarang ini, dengan majunya IT, hanya dengan  kalimat yang sedikit saja bisa memecah belah masyarakat, kita tidak boleh ketinggalan ilmu IT untuk menyikapi hal itu.

“Saya ingin kondisinya lumajang ini tetap aman, atasi segala potensi konflik yang ada di masyarakat”, imbuhnya.

Bupati berharap melalui bimtek yang diselenggarakan Bakesbangpol Kabupaten Lumajang ini sebagai leading sector, yang dapat melahirkan  intelijen yang bisa menambah kepekaan bagi petugas dalam gejala dan  situasi apapun yang terjadi di lapangan.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Lumajang, Ir. Suyanto melaporkan, kegiatan tersebut diikuti oleh 50 orang peserta dari unsur satgas deteksi dini yang ada di Kabupaten Lumajang. Narasumber dari Badan Intelejen Daerah Jawa Timur, Kasi Intel Kodim 0821, Kasat Intel Polres Lumajang, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Lumajang, Ketua Rapi Kab.Lumajang, ungkap Suyanto. (Atk)

post-top-smn

Baca berita terkait