Tuesday, 18 June 2019

Buka Bursa Tenaga Kerja, Libatkan 18 Perusahaan dan Tersedia 500 Loker

post-top-smn

 

Antusias warga Surabaya hadiri bursa tenaga kerja.

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) berkerjasama dengan berbagai perusahaan di Surabaya, menggelar Bursa Kerja Terbuka. Pendaftaran pembukaan lamaran untuk Bursa Kerja Terbuka tersebut dilakukan secara online mulai Senin (08/4). Sedangkan Bursa Kerja itu sendiri akan digelar di Gedung Serba Guna Samudra Ganesha Universitas Hangtuah Jl. Arief Rachman Hakim No. 150 Surabaya, pada 11-12 April mendatang.

Registrasi berkas lamaran yang dilakukan secara online ternyata berhasil menarik minat ribuan pencari kerja dari Surabaya maupun luar kota.  Menurut Staf Analisa Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Surabaya, Bayu Prabhata mengatakan, tujuan digelarnya Bursa Kerja Terbuka ini untuk mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Bursa Kerja Terbuka ini merupakan agenda Pemkot Surabaya yang rutin yang digelar setiap tahun. “Bursa kerja ini merupakan periode kedua di tahun 2019, sebelumnya bursa kerja dilaksanakan pada bulan Maret lalu,” kata Bayu.

Ia menjelaskan, ada 18 perusahaan di Surabaya yang ikut berpartisipasi dalam Bursa Tenaga Kerja kali ini. Perusahaan ini bergerak di sektor industri, keuangan, retail dan juga sektor jasa. Adapun tenaga yang dibutuhkan meliputi, tenaga profesional berupa programmer, IT support dan desain grafis. Disamping itu, juga ada tenaga pengawas seperti supervisor mesin dan juga tenaga produksi. “Lowongannya bermacam-macam, kurang lebih ada sekitar 500 lowongan yang tersedia,” jelasnya.

Menurutnya, masyarakat yang ingin mengikuti bursa kerja tersebut, sebelumnya diharuskan melakukan registrasi pendaftaran secara online melalui http://disnaker.surabaya.go.id/jmf/home. Melalui laman tersebut, para pencari kerja (pencaker) diwajibkan mengupload berkas lamaran ke dalam website dalam bentuk softcopy. Nantinya, setiap pencaker yang sudah melakukan registrasi akan mendapat barcode untuk digunakan saat di lokasi acara.

“Job Market Fair kali ini menggunakan sistem paperless. Sehingga saat di lokasi nanti para pencaker hanya membawa barcode untuk ditunjukkan ke panitia dan tidak perlu membawa hardcopy,” ujar Bayu. Pihaknya menyebut, jumlah pencaker yang sudah melakukan registrasi pendaftaran mencapai sekitar 1.500 orang. Ia mengungkapkan, saat ini data para pencaker yang telah masuk tercatat lebih banyak warga yang berasal dari luar Kota Surabaya. “Lebih dari 50 persen pelamar yang mendaftar berasal dari luar Surabaya,” imbuhnya.

Masyarakat yang belum memperoleh pekerjaan, dapat memanfaatkan kesempatan ini, sebab perusahaan yang mengikuti bursa kerja ini statusnya terpercaya dan sebelumnya sudah terverifikasi oleh Disnaker. “Silahkan manfaatkan kesempatan bursa kerja terbuka ini, karena sifatnya umum dan juga gratis,” tutupnya. (yud)

post-top-smn

Baca berita terkait