Friday, 20 July 2018

Budayakan Membaca Sejak Kecil, Sebagai Bekal Dewasa Nanti

post-top-smn

Kediri, SMN – Hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat di Kabupaten Kediri berjalan dengan tertib dan lancar. Pada kesempatan tersebut, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno bersama Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Subur Widono, S.STP, MM. meninjau jalannya UNBK di SMPN 1 Ngasem, (24/4).

Tiba di SMPN 1 Ngasem sekitar pukul 07:30 WIB, Bupati Kediri langsung bertanya kepada kepala sekolah tentang kesiapan secara teknis, maupun kesiapan para siswa menghadapi UNBK tahun 2018 ini. Sesaat kemudian Ibu Bupati meninjau salah satu kelas guna melihat secara langsung serta memastikan tidak ada hal-hal yang menghambat jalannya ujian.

Di dalam kelas tersebut nampak para siswa dengan serius mengerjakan soal yang tertera di layar komputer masing-masing. Terlihat pula guru yang bertugas menjaga dan mendampingi jika terdapat kesulitan yang dialami peserta ujian.

Selesai mengunjungi kelas, Ibu Bupati melihat kondisi perpustakaan yang ada di sekolah. Beliau berharap perpustakaan harus bisa menjadi sumber ilmu yang bermanfaat bagi para siswa saat berada di sekolah.

“Kita harus berfikir bersama bagaimana cara agar para siswa ini gemar membaca. Dengan membaca pastinya ilmu pengetahuan dan wawasan akan lebih meningkat, dengan demikian mereka menjadi lebih pandai. Buku-buku yang ada saat ini harus segera ditambah, tidak perlu buku baru, akan tetapi buku-buku lama yang menarik dan mampu menambah ilmu pengetahuan,” ujar dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

Menurut Bupati, cara yang bisa dilakukan sekolah adalah dengan menghimbau murid untuk menyumbang buku saat kelulusan, agar dapat menambah koleksi perpustakaan sekolah. “Kalau sejak kecil sudah kita ajarkan budaya membaca, pasti akan terus dan tetap membekas hingga mereka dewasa nanti,” tegas Bupati Kediri. (Kominfo/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait