Wednesday, 20 March 2019

BPJS Kesehatan Permudah Akses Pendaftaran Dengan Keliling Ke Desa-Desa

post-top-smn

pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan berkeliling ke balai desa.

Jember, suaramedianasional.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jember mempermudah akses pendaftaran dan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan berkeliling ke balai desa.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember, Tanya Rahayu, bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan kepuasan peserta.

“Salah satunya dengan memberikan kemudahan akses pendaftaran kepada peserta seperti ini,” kata Tanya Rahayu kepada media ini tadi siang.

Kegiatan kali ini, kata Tanya, dilakukan di Balai Desa Wringin Agung, Kecamatan Jombang Kabupaten Jember, Jawa Timur.

“Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi Program JKN kepada warga desa Wringin yang terdiri dari aparat desa dan warga sekitar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Jember, Supriyanto secara langsung memberikan penjelasan tentang Program JKN-KIS dan pentingnya Program JKN-KIS ini.

Sejatinya Program JKN-KIS, ini kata Supriyanto, adalah kehadiran negara dlm memfasilitasi seluruh warga negara untuk saling membantu dan bergotong royong membiayai warga negara yg membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Oleh karenanya perlu kesadaran masyarakat mendaftar JKN KIS sebelum sakit sesuai dengan kemampuannya,” paparnya kepada masyarakat yang hadir dalam sosialisasi tersebut.

Supriyanto juga menjelaskan bahwa kegiatan keliling balai desa ini telah dilakukan secara berkala di seluruh wilayah Kabupaten Jember dan Lumajang.

Hal ini dilakukan dalam upaya mempermudah akses pendaftaran peserta khususnya bagi masyarakat yang tinggal didaerah perifir yang jauh dari pusat kota. Rata-rata masyarakat kalau mendaftar mencari teman dulu atau istilahnya rombongan bersama-sama ke Kantor BPJS Kesehataan , untuk menghemat ongkos biaya transport dan ditanggung bersama-sama.

“Ini menjadi salah satu alasan kami, kanal-kanal pendaftaran hendaknya harus disediakan untuk mempermudah masyarakat,” jelas Supryanto ditemui usai sosialisasi.

Selain membuka kanal pendaftaran khususnya peserta PBPU atau peserta mandiri di balai desa, ada berbagai layanan dan informasi yang dapat diperoleh masyarakat sekitar yaitu antara lain informasi tagihan, pembayaran iuran hingga informasi pelayanan kesehatan.

Dengan kegiatan turun ke balai desa ini diharpakan selain mengkatkan kepuasan peserta tentunya juga meningkatkan jumlah kepesertaan JKN-KIS.

“Sampai dengan 17 November 2018, jumlah peserta JKN-KIS diwilyah Kabupaten Jember kurang lebih mencapai 1.594.206 jiwa, sedangkan untuk wilayah Kabupaten Lumajang mencapai 651.558 jiwa peserta,” pungkasnya. (afu)

post-top-smn

Baca berita terkait