Friday, 19 April 2019

BPBD Kumpulkan 2 Truk Barang dan Uang Ratusan Juta

post-top-smn

Bantuan yang dihimpun BPBD Ngawi siap diberangkatkan ke Provinsi Jatim.

Ngawi, suaramedianasional.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi berhasil menghimpun dana bantuan bencana untuk gempa di Sulawesi Tengah, hampir Rp 400 juta dan barang logistic sebanyak 2 truk. Barang-barang tersebut, mulai diatur pengangkutannya Senin (22/10).

Menurut Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Ngawi, Alfian Wihaji Yudono, bantuan tersebut merupakan sumbangan masyarakat selama pihaknya membuka posko penerimaan bantuan sekitar 2 minggu. “Sebagian besar berupa mie instan, roti dan kue kering, namun banyak pula yang memberikan sumbangan barang keperluan wanita,” ungkapnya.

Pihak BPBD Provinsi sendiri meminta agar kiriman pakaian bekas tidak lagi dihimpun karena selain sudah banyak, pakaian bekas juga masih menumpuk dan berat untuk dikirim. “Demikian juga untuk benda cair, kita hanya menerima bantuan air mineral, lainnya terpaksa ditolak karena memberatkan pengiriman,” ungkap Yoyok, sapaan akrabnya.

Barang yang diterima BPBD diantaranya pembalut, sabun cuci, sabun mandi, shampoo dan berbagai barang kebutuhan perempuan lainnya. Sedangkan soal uang, berasal dari berbagai sumbangan baik perorangan maupun instansi. “Dari komunitas-komunitas pun ada, mereka yang menghimpun bantuan dari masyarakat dengan turun ke jalan juga banyak yang mempercayakan penyalurannya melalui BPBD Ngawi,” katanya.

Sumbangan-sumbangan dari OPD dan komunitas-komunitas, tercatat cukup besar. Yoyok mencontohkan dari komunitas seniman yang menghimpun bantuan dari wilayah Ngawi barat, tengah dan timur, menyumbangkan hampir Rp 50 juta. “Selain itu juga banyak PNS, OPD dan instansi swasta yang ikut menyumbang uang,” katanya.

Pengiriman bantuan dari BPBD Ngawi ke BPBD Provinsi akan diberangkatkan oleh Bupati Ngawi, Budi Sulistyono, Selasa (23/10). Selanjutnya, BPBD Jatim yang akan mengirimkan bantuan dengan hingga sampai ke Palu dan Donggala serta Sigi. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait