Thursday, 20 June 2019

BPBD Kota Batu Imbau Pengguna Jalan Waspada Pohon Tumbang

post-top-smn
Ilustrasi

Ilustrasi

Kota Batu, SMN – Angin kencang yang berhembus di wilayah Kota Batu beberapa waktu ini menimbulkan potensi terjadinya pohon tumbang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu meminta kepada pengguna jalan dan warga yang melintas di jalan raya agar waspada.

Senin (19/12) kemarin, beberapa pohon terpaksa ditebang oleh BPBD karena ranting-rantingnya telah rontok tertiup angin kencang. Pagi harinya sebuah tiang listrik yang ada di Terminal Kota Batu juga ambruk tertiup angin.

Dua hari sebelumnya, terdapat juga pohon tumbang di beberapa titik, salah satunya di depan rumah makan Mesir, Jl Diponegoro, pohon yang tumbang ini sempat menimpa seorang pengendara motor hingga terjatuh. Namun korban hanya menderita luka lecet dan diperbolehkan rawat jalan.

“Beberapa hari ini angin di wilayah Batu cukup kencang, kita menghimbau kepada pengguna jalan dan warga agar berhati-hati,” ujar Kepala BPBD Batu, Sasmito, Senin (19/12). Tidak hanya itu, Sasmito juga meminta tolong kepada pengguna jalan atau pun warga yang melihat adanya pohon yang mati atau terancam tumbang untuk melaporkan kepada BPBD.

“Laporan ini akan direspon dengan menurunkan tim untuk mengkaji apakah pohon tersebut benar-benar mati atau tidak,”tambah Sasmito.

Jika memang terancam tumbang, maka BPBD akan melakukan penebangan pohon tersebut. Seperti kemarin, BPBD melakukan penebangan pohon di beberapa titik seperti di beberapa titik di Jl Diponegoro (depan snack center) dan Holland Bakkery serta di dekat Masjid At Taqwa.

Pada hari yang sama sebuah pohon juga tumbang di Jl Metro yang berdekatan dengan Pondok At Taufiq. Pohon ini tercabut akarnya karena tidak kuat menahan kencangnya angin yang bertiup di kawasan ini.

Menurut Sasmito, sebenarnya angin tidak begitu kencang hanya berkisar 19 kilometer perjam. Namun angin ini bisa berpotensi bencana jika tidak dilakukan langkah-langkah antisipasi termasuk pohon tumbang.

post-top-smn

Baca berita terkait