Wednesday, 26 June 2019

Bersih Desa Ngajum Sebagai Upaya Lestarikan Budaya Leluhur

post-top-smn

Budi Prasetyo, Kades Ngajum.

Malang, suaramedianasional.co.id – Desa Ngajum Kecamatan Ngajum memiliki tradisi yang unik dan banyak ditunggu warganya. Itu adalah bersih desa yang dilakukan setiap tahun dan melibatkan semua warga. “Memang ini dilakukan setiap tahun,sebagai upaya nguri-uri atau melestarikan budaya Jawa khususnya yang ada di Kabupaten Malang ini,” ungkap Budi Prasetyo, Kades Ngajum.

Saat bersih desa, selain diadakan selamatan sebagai upaya mengucap syukur atas ketenteraman dan keamanan yang menaungi Desa Ngajum, juga dilakukan kegiatan yang memicu kompetisi antar akmpung atau dusun. “ Kami selenggarakan juga lomba kebersihan antara lingkungan juga karnaval dan juga wayangan” ungkap Budi Prasetyo.

Pada setiap kegiatan bersih desa, warga Ngajum akan sibuk. Ini karena dilakukannya budaya arak-arakan gunungan dimana ada slametan ke punden dan kesenian tayub. Hal ini dilakukan karena warga ingin terus mengenang para leluhur yang telah mendirikan desa, membuat kampong Ngajum menjadi ramai dan maju seperti saat ini. “Setelah acara di desa, tiap dusun yang ada di Ngajum juga melakukan sendiri bersih dusun. Ini dilakukan di Dusun Sendang, Jatisari, Kasembon dan Dusun Ngajum sendiri,” katanya.

Anggaran untuk bersih desa merupakan hasil swadaya warga. Mereka rela iuran dan mengeluarkan dana untuk selamatan dan segala kegiatan yang menyertai tradisi ini karena merupakan warisan leluhur dan ungkapn dari rasa syukur mereka. (yop)

post-top-smn

Baca berita terkait