Wednesday, 23 May 2018

Bersih Desa, Desa Ringirejo Gelar Ritual Ruwatan

post-top-smn
Kepala Desa Ringirejo Bintoro

Kepala Desa Ringirejo Bintoro

Blitar, SMN – Bersih Desa diapresiasi dengan selametan (memohon keselamatan YME) di Desa Ringirejo, Kecamatan Wates Kabupaten Blitar, menjadi tradisi jawa yang terus menerus dilakuan setiap tahunnya.“Ritual bersih desa Ringirejo, bagian praktik sosio – religius orang jawa sebagai bentuk sujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan supaya terhindar dari bencana. Sekaligus, perjamuan kerukunan masyarakat desa, yang turun temurun dilaksanakan.

Berbagai kegiatan bersih Desa Ringinrejo seperti Doa Lintas Agama, memberi santunan kepada anak yatim piatu dan malam tirakatan, Sementara itu pada puncak dari rangkaian bersih desa Ringinrejo, digelar ritual Ruwatan bertempat di balai Desa Ringinrejo pada,Jumat (28/10). Aroma spiritual sangat terasa sekali dalam kegiatan ruwatan ini. Ritual ruwatan merupakan budaya waisan leluhur yang bertujuan meminta kepada Tuhan agar kita di jauhkan dari segala balak atau musibah, sehingga desa menjadi tentram.

Acara Ruwatan Desa dalam rangka bersih desa

Acara Ruwatan Desa dalam rangka bersih desa

Kepala Desa Ringirejo Bintoro, menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat desa Ringinrejo yang telah mensukseskan semua kegiatan bersih desa hingga acara Ruwatan di balai desa. Menurutnya dengan semua kegiatan bersih desa yang di akhiri ruwatan, dirinya berharap seluruh warga masyarakat Desa Ringinrejo di jauhkan dari balak atau musibah selalu guyub rukun, ayem tentrem, sehingga pemerintahan desa Ringinrejo bisa berjalan lancar dan sukses.”tujuan dari seluruh masyarakat adalah kebersamaan mbangun deso. Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan kebersamaan antara seluruh warga, sehingga akan terwujud Desa Ringinrejo yang ayem tentrem.”terangnya.(mam/adv)

post-top-smn

Baca berita terkait