Friday, 20 July 2018

Berkedok Syari’ah, BMT Muamalat Mento Disinyalir Prakteknya Tidak Syari’ah

post-top-smn
Kantor Bank Muamalat didaerah Desa Wonoharjo Wonogiri

Kantor Bank Muamalat didaerah Desa Wonoharjo Wonogiri

Wonogiri, SMN – BMT Muamalat Syari’ah Wonoharjo disinyalir merugikan nasabah, pasalnya nasabah yang melakukan pinjaman ke BMT diduga merasa dibohongi lantaran cara akad kerjasama namun nyatanya oleh pihak BMT dilakukan akad Ijaroh atau jasa pelayanan.

Murgiyati beserta Satiman warga Gowok Jatisobo Jatipuro Kabupaten Karanganyar mengadukan ke pihak Lembaga Perlindungan Konsumen Keadilan Nusantara (LPKKSN) perihal BMT Muamalat Wonoharjo tersebut.

Menurut Murgiyati, dana pinjaman dari BMT untuk pergi Umroh katanya syari’ah namun nyatanya setelah melakukan akad tetap dikenakan bunga, sekaligus akadnya bukan kerjasama namun akad Al Ijaroh yang masuk dalam jasa pelayanan.

Jadi saya merasa dibohongi oleh pihak BMT yang katanya Syari’ah namun prakteknya jauh kata Syari’ah, nasabah yang melakukan pinjaman tetap berbunga tinggi, bahkan bisa dikatakan lebih tinggi Bank yang bukan Syari’ah, kesalnya ketika ditemui SMN di warung makan Jatipuro (28/7) lalu.

Pihak LPKKSN Sugiyarno mengatakan, BMT Mento disinyalir melakukan pembodohan terhadap nasabah dengan dalih BMT Syari’ah tetapi prakteknya ternyata lain, dan hal ini jelas dapat dikatakan pelanggaran karena banyak yang dirugikan nasabah dari praktek yang dijalankan oleh pihak BMT yang mengatasnamakan Syari’ah, kata Nano panggilan akrabnya.

Sementara dari BMT Syari’ah Mento mengatakan, berkaitan nasabah yang bernama Murgiyati warga Gowok Jatisobo pinjaman sebesar 56 juta, angsurannya @ 2.400.000,-  dan telah mengangsur 5 kali total dana yang masuk sebesar 11. 200.000,- .

Dalam akad perjanjian kita masuk di akad Al Ijaroh (jasa), karena dana yang dibutuhkan Ibu Murgiyati untuk Umroh dan BMT sini juga melayani sebagai Agen biro Haji & Umroh maka Ibu Murgiyati dan suaminya Satiman butuh dana untuk keperluan Umroh jadi kita masukan di akad jasa pelayanan tersebut, jelas Asep Manager lapangan. (Tim)

post-top-smn

Baca berita terkait